Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Variasi Melempar dalam Permainan Bola Basket

Kompas.com - 20/11/2020, 13:15 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga basket tergolong dalam permainan bola besar. Permainan basket dimainkan oleh dua tim yang berlawanan, dengan jumlah pemain lima orang setiap timnya.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga basket merupakan permainan bola yang dilakukan dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan untuk mencetak poin, dimainkan oleh dua regu yang masing-masing memiliki lima anggota.

Secara garis besar, ada empat teknik dasar dalam permainan bola basket, yakni passing techniquecatching ball techniquedribbling, dan shooting the ball.

Keempat teknik ini sangat penting untuk dipelajari oleh para pemain basket. Karena tujuan utama dari permainan basket adalah mencetak poin serta memenangkan pertandingan.

Baca juga: Permainan Bola Basket

Teknik dasar pertama yang harus dikuasai oleh pemain basket adalah passing technique atau teknik melempar bola.

Apa yang dimaksud dengan passing technique dan bagaimana cara melakukannya?

Passing technique atau teknik melempar bola merupakan keterampilan gerak yang ditujukan untuk mengoper bola ke pemain kawan agar bisa mencetak poin.

Lemparan bola harus tepat sasaran ke pemain kawan yang ditargetkan dan harus menyusun strategi agar pemain lawan tidak bisa merebut bolanya.

Passing technique memiliki empat jenis teknik melempar bola. Semuanya bisa diterapkan oleh para pemain, asalkan betul-betul menguasai tekniknya.

Berikut jenis-jenis passing technique dalam permainan bola basket, yang dilansir dari situs Break Through Basketball dan situs Youth Hoops 101:

Baca juga: Peraturan Permainan Bola Basket

  • Chest pass (teknik melempar bola setinggi dada)

Sesuai dengan namanya, chest pass dilakukan dengan melempar atau mengoper bola dari posisi tangan yang berada di depan dada.

Saat akan melempar bola, posisi ibu jari harus berada di belakang bola. Sedangkkan ketika mengoper bola, jari tangan diputar di belakang bola dan ibu jari ditolakkan untuk memberi tenaga.

Chest pass paling cocok digunakan saat tidak ada pemain bertahan di area yang akan dilalui utnuk mencetak poin. 

Saat melakukan chest pass, pemain harus melempar dari depan dada. Untuk pemain yang menerima bola juga harus menerimanya di depan dada.

Perlu diperhatikan jika tangan harus diposisikan setinggi dada serta memperhatikan siku. Pastikan posisi siku menempel di dekat tubuh.

Baca juga: Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com