Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Prosedur Kompleks

Kompas.com - 20/11/2020, 11:00 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perbedaan teks prosedur dan teks prosedur kompleks adalah teks prosedur ialah karangan petunjuk teknis. Sedangkan teks prosedur kompleks lebih rumit dan saling berhubungan.

Pada dasarnya, teks prosedur dan teks prosedur kompleks adalah jenis teks yang sama. Yang membedakan hanya tingkat kesulitan atau kerumitan prosedur atau langkah yang ditulis.

Berikut ini penjelasan tentang perbedaan teks prosedur dan teks prosedur kompleks:

Teks prosedur adalah teks yang berisi uraian langkah-langkah atau tahap yang harus ditempuh untuk mengerjakan suatu hal.

Dikutip dari Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarni Try Astuti, teks prosedur adalah teks yang berisi arahan atau langkah demi langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Baca juga: Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Eksplanasi

Dalam teks prosedur terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan, batasan dalam hal bahan atau tindakan yang dilakukan, serta langkah yang diruraikan secara urut.

Ruang lingkup teks prosedur ada pada petunjuk teknis dan uraian rinci suatu hal. Maka, tema teks prosedur berkutat pada tiga macam saja.

Macam-macam teks prosedur antara lain:

  1. Kebiasaan hidup: uraian teknis mengenai hal yang dapat dilakukan sehari-hari. Contoh, cara membuat telur setengah matang, cara menggosok gigi yang baik dan benar, atau cara menyemir sepatu.
  2. Aktivitas tertentu: uraian teknis mengenai kegiatan yang tidak biasa dilakukan. Contoh, cara mengupas kolang-kaling, cara berlangganan koran Kompas, atau cara membuat kandang kelinci.
  3. Penggunaan alat: prosedur penggunaan atau pengoperasian alat, benda, atau bahan tertentu. Contoh, cara memakai fitur fleet, prosedur pengoperasian mobil remote control, atau petunjuk pemakain raket nyamuk.

Baca juga: Perbedaan Teks Editorial dan Teks Berita

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompleks diartikan sebagai hal yang mengandung unsur pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan.

Dikutip dari Mengenal Jenis-jenis Teks (2019), teks prosedur kompleks adalah teks yang menunjukkan dan menjelaskan proses membuat, mengoperasikan, atau melakukan sesuatu melalui langkah-langkah yang mengandung sublangkah.

Dalam teks prosedur kompleks juga terdapat panduan langkah-langkah. Namun dalam teks prosedur kompleks, langkah-langkah yang dilakukan tidak cukup hanya satu atau dua pengerjaan.

Pada teks prosedur kompleks, setiap tahap dilakukan secara kronologis dan bersifat sebab akibat. Bila satu tahap terlewatkan atau tidak dilakukan, maka hasil yang diinginkan tidak akan tercapai.

Baca juga: Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Eksposisi

Karena dalam teks prosedur kompleks tahap yang dilakukan tidak cukup hanya satu atau dua pengerjaan, maka macamnya sedikit berbeda.

Kita dapat menemui macam teks prosedur dalam teks prosedur kompleks, namun ruang lingkup teks prosedur kompleks lebih terbatas.

Teks prosedur kompleks hanya mencakup hal-hal dengan tingkat kerumitan tinggi dan pengerjaan yang butuh waktu dan tenaga lebih banyak dari pada teks prosedur biasa.

Contoh teks prosedur kompleks yaitu, cara menentukan asam basa, prosedur pengklaiman BPJS, prosedur pembuatan SIM baru, petunjuk praktikum biologi sel, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com