Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Eksposisi

Kompas.com - 19/11/2020, 22:00 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.comTeks prosedur adalah karangan petunjuk teknis. Teks eskposisi adalah penyampaian pendapat tanpa bertujuan untuk memengaruhi. Berikut ini perbedaan teks prosedur dan teks eksposisi:

Kita sering menjumpai berbagai macam teks dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari media masa sampai media sosial.

Saat kita membaca laporan tahunan lembaga pemerintahan, kita sedang membaca teks. Ketika hendak meminum obat, petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan juga merupakan teks.

Mengidentifikasi dan membedakan macam-macam teks penting, agar kita dapat menempatkan teks pada konteks yang tepat.

Baca juga: Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Eksplanasi

Mengutip Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarni Try Astuti, teks prosedur adalah teks yang berisi arahan atau langkah demi langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Teks prosedur merupakan karangan petunjuk teknis. Tujuannya menjelaskan pada pembaca mengenai bagaimana menjalanan suatu hal secara rinci.

Sedangkan teks eskposisi merupakan karangan yang berisi penyampaian gagasan tanpa bertujuan untuk mempengaruhi.

Dalam Keterampilan Menulis (2016) karya H Dalman, teks eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau memaparkan pendapat, gagasan, keyakinan yang memerlukan fakta yang diperkuat angka, statistik, peta dan grafis, tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.

Baca juga: Perbedaan Teks Editorial dan Teks Berita

  • Perbedaan teks prosedur dan teks eksposisi berdasarkan ciri-cirinya.

Setiap teks memiliki ciri masing-masing. Ciri tersebut dapat dilihat secara kasat mata karena melekat pada teks itu sendiri. Teks prosedur dan teks eksposisi berbeda cirinya, yaitu:

Ciri-ciri teks prosedur:

  1. Memberi petunjuk atau rincian teknis dalam mengerjakan atau memakai suatu hal.
  2. Disertai anjuran agar prosedur dilakukan dengan tepat dan benar, sehingga sering kali mengandung pernyataan persuasif.
  3. Dilengkapi dengan deskripsi alat secara terperinci seperti jumlah bahan, ukuan, warna, benda apa saja yang dipakai, dan sejenisnya.

Ciri-ciri teks eksposisi:

  1. Memberi informasi, identifikasi, dan keterangan sejelas-jelasnya tentang objek tanpa memaksa orang lain untuk meyakini gagasan yang disampaikan penulis.
  2. Memberi tahu, mengupas, menguraikan, atau menerangkan sesuatu.
  3. Menyajikan fakta dan gagasan dengan baik dan mudah dipahami pembaca.
  4. Menjelaskan hakikat suatu hal, menerangkan proses pertalian suatu hal dengan hal lainnya.

Baca juga: Perbedaan Teks Berita dengan Teks Nonberita

  • Macam-macam teks prosedur dan teks eksposisi

Ruang lingkup teks prosedur ada pada petunjuk teknis dan uraian rinci suatu hal. Maka, tema teks prosedur berkutat pada tiga macam saja.

Macam-macam teks prosedur:

  1. Kebiasaan hidup: uraian teknis mengenai hal yang dapat dilakukan sehari-hari. Contoh, cara membuat kopi, cara menyampul buku, atau cara membersihkan panci gosong.
  2. Aktivitas tertentu: uraian teknis mengenai kegiatan yang tidak biasa dilakukan. Contoh, cara mencangkok tanaman anggur, cara membedakan berita dan hoax, atau cara menambal ban.
  3. Penggunaan alat: prosedur penggunaan atau pengoperasian alat, benda, atau bahan tertentu. Contoh, prosedur meminum obat batuk, prosedur pengoperasian mesin cuci, atau prosedur menyalakan obat nyamuk.

Macam teks eksposisi:

  • Lukisan dalam eksposisi: paparan dengan menggunakan lukisan atau penggambaran seperti otobiografi, kisah tragedi, peristiwa kriminalitas.
  • Eskposisi proses: memaparkan terjadinya sesuatu atau proses suatu hal. Contoh, proses pembuatan tape atau berdirinya suatu lembaga.
  • Eksposisi perbandingan: menjelaskan kesamaan dan perbedaan satu hal dengan lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com