Perbedaan Teks Prosedur dan Teks Laporan Percobaan

Kompas.com - 20/11/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi perbedaan teks prosedur dan teks laporan percobaan. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi perbedaan teks prosedur dan teks laporan percobaan.

KOMPAS.com - Perbedaan teks prosedur dan teks laporan percobaan adalah teks prosedur ialah karangan petunjuk teknis. Sedangkan teks laporan percobaan adalah teks yang berisi tentang proses dan hasil penelitian.

Berikut ini penjelasan perbedaan teks prosedur dan teks laporan percobaan:

Teks prosedur menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Dikutip dari Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) karya Minarni Try Astuti, teks prosedur adalah teks yang berisi arahan atau langkah demi langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Teks prosedur bersifat informatif. Maksudnya, teks jenis ini untuk memberi tahu atau menyampaikan informasi.

Pada tahapnya, terkadang teks prosedur juga bersifat persuasif. Persuasif di sini lebih menekankan pada anjuran untuk pembaca agar mematuhi langkah atau tahap yang diuraikan.

Baca juga: Pengertian Teks Prosedur Kompleks dan Ciri-cirinya

Sedangkan teks laporan percobaan berkaitan dengan penelitian atau kerja-kerja ilmiah sejenisnya.

Mengutip Keterampilan Menulis (2016) karya H Dalman, laporan penelitian adalah hal untuk menuangkan hasil kerja setelah dilaksanakan penelitian. Serta keadaan dan kondisi yang terjadi ketika penelitian itu berlangsung dalam bentuk dokumen.

Teks laporan percobaan dapat bersifat penemuan, artinya data yang diperoleh dari percobaan adalah hal yang baru atau belum pernah ditemukan sebelumnya.

Teks laporan percocbaan dapat pula bersifat pembuktian, dimana percobaan yang dilakukan berusaha untuk mengungkap atau membuktikan keraguan atas suatu hal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X