Menganalisis Keterampilan Penyelamatan Kegawatdaruratan di Air

Kompas.com - 03/11/2020, 12:45 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi

KOMPAS.com - Keterampilan pertolongan di air merupakan bagian dari keselamatan di air. 

Tenggelam di air bisa menimpa siapapun, tanpa terkecuali. Menurut World Health Organization (WHO), tenggelam merupakan salah satu penyebab utama kematian akibat cedera yang tidak disengaja.

Sehingga dibutuhkan keterampilan penyelamatan kegawatdaruratan di air. Seorang penolong harus dibekali dengan beberapa keahlian dasar keselamatan di air.

Meliputi kemampuan mengenal potensi bahaya dan bagaimana mengatasinya, memahami teknik pertolongan.

Sebelum mengenal keterampilan penyelamatan kegawatdaruratan di air, terlebih dahulu memahami apa itu tenggelam dan apa saja penyebabnya?  

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tenggelam merupakan kejadian di mana seseorang jatuh terperosok atau masuk ke dalam air dan tidak muncul atau kelihatan lagi.

Baca juga: Menganalisis Keterampilan Renang Gaya Dada

Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), tenggelam atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai drowning merupakan proses gangguan pernapasan, diakibatkan oleh saluran pernapasan terendam air yang bisa mengakibatkan kematian.

Penyebab tenggelam

Salah satu penyebab utama mengapa seseorang bisa tenggelam di air adalah karena tidak bisa berenang.

Dilansir dari situs Jordanlaw.com, berikut adalah empat penyebab tenggelam di air:

  • Tidak bisa berenang

Salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki ketika bermain atau berada di air adalah berenang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X