Dimensi Tiga: Menentukan Jarak Titik dengan Bidang

Kompas.com - 12/10/2020, 19:26 WIB
ilustrasi dimensi tiga. math.brown.eduilustrasi dimensi tiga.

KOMPAS.com - Sebelumnya pasti kalian telah mengetahui apa itu dimensi tiga. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari mengenai bagaimana cara menentukan jarak antara titik dengan bidang pada dimensi tiga.

Simak ilustrasi di bawah ini. Jarak titik A dengan bidang p, dimana titik A berada di luar bidang p, adalah panjang garis AA'. Titik A' diperoleh dari proyeksi titik A pada bidang p, yang mana titik A harus tegak lurus dengan bidang p.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Ilustrasi jarak titik A dengan bidang p, dimana jaraknya adalah AA'

Mari simak studi kasus pada bangun ruang kubus di bawah agar kita dapat menerapkan konsep menentukan titik dengan bidang pada dimensi tiga.

Baca juga: Bidang Miring: Definisi dan Keuntungan Mekanik

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Ilustrasi bangun ruang kubus ABCD.EFGH, dan membentuk bidang ADGF

Misalkan diketahui kubus ABCD.EFGH seperti gambar di atas, dengan panjang rusuknya adalah 6 cm. Titik A, titik D, titik G, dan titik F dihubungkan sehingga membentuk bidang ADGF. Coba tentukanlah jarak antara titik B ke bidang ADGF.

Dikutip dari Mathematical Dictionary (1857), langkahnya adalah dengan menentukan panjang ruas garis yang tegak lurus bidang ADGF dan melalui titik B. Mari perhatikan ilustrasi proyeksi titik B ke bidang ADGF.

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Ilustrasi bangun ruang kubus ABCD.EFGH, untuk menentukan jarak titik B ke bidang ADGF

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X