Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Materi Belajar dari Rumah TVRI 5 Agustus 2020 SD Kelas 1-3

Kompas.com - 05/08/2020, 07:05 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI 5 Agustus 2020 SD Kelas 1-3 membahas tentang Sahabat Pelangi: Mari Menabung.

Berikut ini ringkasan materi Belajar dari Rumah TVRI 5 Agustus 2020 SD Kelas 1-3:

Mari menabung

Di sekolah, Bu guru menjelaskan arti menabung. Menabung artinya menyimpan atau menaruh uang di satu tempat untuk sekian lama. Uang yang ditabung bisa dari uang jajan siswa yang disisihkan setiap hari.

Belajar menabung sejak usia dini bagus karena hasilnya bisa dipakai untuk keperluan nanti. Menabung bisa di celengan yang beli di toko atau dengan membuat sendiri dari toples.

Bu guru mengajarkan siswa berhitung uang tabungan. Misal dalam sehari kita punya uang jajan Rp 3.000 dan disisihkan Rp 1.000, berapa uang yang diperoleh selama 1 minggu? Kalau menabung selama 1 bulan (30 hari) berapa uang tabungan kita?

Hasil menabung 1 minggu adalah Rp 30.000. Jika terus menabung selama 3 bulan hasilnya menjadi Rp 90.000 karena Rp 30.000 x 3 = Rp 90.000.

Mulai sekarang kita harus rajin menabung. Atau yang terpenting kita ingat memasukkan uang ke tabungan. Jumlah uang yang ditabung boleh Rp 500, Rp 1.000 atau lebih.

Wayan, Chandra, Martha dan Nisa sepakat berlomba menabung. Siapa nanti yang tabungannya paling banyak maka akan menang dan dapat hadiah es krim.

Saat bermain di taman, Chandra jajan. Teman-temannya mengingatkan agar Chandra menabung. Chandra mengaku susah menabung karena suka jajan. Nisa menasehati Chandra agar tidak boros. Harus ada keinginan hasil tabungan buat apa agar semangat menabung.

Setelah uang tabungan terkumpul, Nisa ingin membeli kerudung untuk Teh Nisa, Martha ingin membeli hiasan rambut untuk Mama, Wayan ingin membeli tanaman untuk Bunda dan mainan, Chandra ingin membeli cetakan kue untuk Mama.

Suatu saat si Hansip Babe mengalami musibah. Tangannya retak karena jatuh dari pohon saat menolong seekor kucing. Mereka ingin menjenguk Babeh.

Nisa punya ide membawa buah tangan atau oleh-oleh saat menjenguk. Mereka sepakat patungan dan membeli buah jeruk dengan uang tabungan. Masing-masing menyisihkan uang Rp 5.000. Uang yang terkumpul adalah Rp 20.000.

Rangkuman Belajar dari Rumah TVRI 5 Agustus 2020 SD Kelas 1-3:

  • Kurangi jajan dan jangan boros.
  • Kita harus menyisihkan uang jajan untuk ditabung setiap hari.
  • Menabung bisa di celengan atau toples.
  • Mulai menabung dengan tujuan atau keinginan nanti uang yang terkumpul ingin digunakan untuk apa.
  • Kita bisa menabung untuk membeli hadiah bagi orang yang kita sayangi, terutama ibu.
  • Kita bisa menggunakan uang tabungan untuk keperluan mendadak.
  • Kita harus menyayangi ibu terlebih dahulu dan peduli pada sesama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com