4 Medan Pertempuran Perang Dunia II

Kompas.com - 14/07/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi serangan Jerman di Inggris shutterstock.comIlustrasi serangan Jerman di Inggris

KOMPAS.com - Setelah 20 tahun berakhirnya Perang Dunia I, perselisihan antarnegara masih terus berlanjut. Bahkan menjadi konflik yang lebih besar, yaitu Perang Dunia II.

Seperti Perang Dunia I, konsekuensi-konsekuensi politis Perang Dunia II mengubah perjalanan sejarah dunia abad ke-20.

Perang juga menandai peralihan kekuasaan yang sangat penting yang menjauh dari negeri-negeri Eropa Barat dan menuju Amerika Serikat serta Uni Soviet.

Dalam buku History of The World War (2019) karya Saut Pasaribu, perang dimulai di Eropa pada 1939 dan berakhir pada 1945.

Perkiraan jumlah korban sangat bervariasi, tetapi menurut ukuran akibat perang tersebut yang tewas hampir 35-60 juta jiwa dan beberapa juta lainnya terluka atau terlantar.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Perang Dunia II melahirkan dua blok, yaitu:

  • Blok sentral yang di dalamnya terdapat negara Jerman, Italia, Jepang, Austria, Rumania, dan Fiinlandia.
  • Blok sekutu yang di dalamnya terdapat negara Inggris, Perancis, Rusia, Amerika Serikat, RRC, Austria, Polandia, dan beberapa negara kecil lainnya.

Medan pertempuran Perang Dunia II

Dalam Perang Dunia II ini terdapat beberapa medan yang menjadi tempat perselisihan, sebagai berikut:

  • Eropa Barat

Medan pertempuran Eropa Barat dimulai dengan serangan kilat Jerman ke Denmark, Norwegia, Belgia, Belanda, dan Luxemburg. Jerman kemudian melanjutkan serangan ke Perancis dan berhasil menguasai setengah Perancis.

Namun, usaha untuk menyerbu Inggris gagal karena pertahanan Inggris lebih unggul di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Winston Churchil.

  • Eropa Timur

Medan ini dimuai dari serangan Jerman ke Polandia sampai menduduki Rumania, Hongaria, Bulgaria, dan Yugoslavia. Negara-negara tersebut ditarik ke dalam Blok Jerman.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X