Faktor Penyebab Terjadinya Migrasi

Kompas.com - 10/07/2020, 21:35 WIB
Ilustrasi: Kota sebagai pusat pertumbuhan menarik penduduk desa untuk melakukan urbanisasi ThinkstockIlustrasi: Kota sebagai pusat pertumbuhan menarik penduduk desa untuk melakukan urbanisasi
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain dengan tujuan untuk menetap.

Dalam migrasi dibagi dua macam, yakni migrasi internasional dan migrasi internal. Migrasi internasional adalah proses perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain.

Sementara migras internal merupakan perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dalam satu negara.

Masyarakat melakukan migrasi, baik migrasi internasional atau internal bukan tanpa sebab. Tapi ada faktor yang mempengaruhi terjadinya perpindahan tersebut.

Baca juga: Mobilitas Penduduk: Pengertian dan Jenisnya 

Faktor penyebab migrasi

Dalam buku Pengelolaan Adminstrasi Penduduk Desa (2019) karya Bailah, perpindahan penduduk merupakan langkah yang besar. Orang yang melakukan migrasi merupakan orang mempunyai tujuan tertentu.

Tanpa adanya tujuan orang-orang tidak akan mau repot-repot melakukan migrasi. Tujuan-tujuan itulah yang menjadi penyebab dilakukan migrasi.

Berikut penyebab terjadinya migrasi:

  • Kurangnya lapangan pekerjaan

Salah satu pendorong terjadinya migrasi adalah kurangnya lapangan kerja yang ada di daerah asal.

Apabila di daerah asal tidak ada lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya dan jiwa berwirausaha dirasa tidak cocok maka seseorang akan melakukan migrasi.

Migrasi ini tentu saja akan mencari tempat yang kiranya banyak terdapat lowongan pekerjaan.

Baca juga: Persebaran Penduduk Indonesia 

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X