Ciri-ciri Khusus Lotus

Kompas.com - 26/06/2020, 00:56 WIB
Tanaman lotus di Kebun Raya Bogor KOMPAS/RADITYA HELABUMITanaman lotus di Kebun Raya Bogor

KOMPAS.com - Lotus adalah tumbuhan yang hidup di air. Perbedaan habitat ini menyebabkan lotus punya karakteristik yang membedakannya dengan tumbuhan pada umumnya.

Dilansir dari Kidpid, berikut ciri-ciri khusus lotus:

Daun lebar

Ilustrasi permukaan daun lotus. Karena permukaannya yang anti-air, air akan menggelinding dan membersihkan debu.William Thielicke Ilustrasi permukaan daun lotus. Karena permukaannya yang anti-air, air akan menggelinding dan membersihkan debu.

Lotus, teratai, dan tumbuhan air sejenis memiliki daun yang lebar. Ini dikarenakan mereka hidup di air.

Daun yang lebar memungkinkan teratai tetap mengapung.

Daun lotus juga anti-air atau waterproof. Permukaannya daunnya kasar dan menyerap udara untuk menghalau air. Daun tidak akan menyerap air.

Selain waterproof, daun lotus juga dustproof atau antidebu. Air yang jatuh di permukaan daun akan menggelinding, sekaligus membersihkan dari kotoran dan debu. Fenomena air yang menggelinding atau menari ini disebut dengan Lotus Effect.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Kaktus

Halaman:

Sumber Kidpid
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X