Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju

Kompas.com - 27/05/2020, 17:00 WIB
Potensi Indonesia menjadi negara maju terdiri dari potensi lokasi, potensi SDA, potensi SDM, potensi budaya, dan upaya pemanfaatan potensi tersebut. KEMDIKBUDPotensi Indonesia menjadi negara maju terdiri dari potensi lokasi, potensi SDA, potensi SDM, potensi budaya, dan upaya pemanfaatan potensi tersebut.

KOMPAS.com - Potensi dan upaya Indonesia menjadi negara maju terdiri dari potensi lokasi, SDA, SDM dan potensi budaya serta perlu dilakukan upaya pemanfaatan potensi tersebut.

Potensi Indonesia

Mengutip Kemdikbud RI, Indonesia mempunyai berbagai potensi sebagai bekal menuju negara maju. Potensi Indonesia untuk menjadi negara maju adalah:

  • Potensi lokasi
  • Potensi sumber daya alam (SDA)
  • Potensi sumber daya manusia (SDM)
  • Potensi sumber daya budaya

Berikut ini penjelasannya:

Baca juga: Potensi Sumber Daya Maritim Indonesia

  • Potensi lokasi

Indonesia dikenal sebagai negara yang terletak di lokasi yang strategis. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Eropa) dan dua samudera (Hindia dan Pasifik). Sehingga Indonesia dilalui jalur pelayaran dan perdagangan internasional.

  • Potensi sumber daya alam (SDA)

Wilayah Indonesia luas terdiri dari daratan dan lautan, termasuk 17-ribuan pulau besar maupun kecil.

Karena lokasi strategis, secara astronomis Indonesia adalah negara beriklim tropis, dengan suhu dan curah hujan yang tinggi.

Iklim tropis memungkinkan Indonesia memiliki beragam tumbuhan dan hewan sebagai sumber pangan dan obat-obatan.

Karena lokasinya, secara geologis Indonesia terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik dan Hindia sehingga mempunyai kekayaan berupa bahan tambang.

Baca juga: Letak dan Luas Indonesia

  • Potensi sumber daya manusia (SDM)

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar. Dilihat dari jumlah penduduknya, posisi Indonesia berada di urutan keempat terbesar di dunia.

Jumlah penduduk yang besar menguntungkan Indonesia karena tersedia tenaga kerja (SDM) untuk mengolah dan mengelola sumber daya alam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X