Kreasi Eceng Gondok Menjadi Kerajinan, Jawaban Soal TVRI 15 Mei SMP

Kompas.com - 15/05/2020, 09:15 WIB
Demi memertahankan usaha, Bengok Craft yang mengolah eceng gondok berubah menjahit masker. KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANADemi memertahankan usaha, Bengok Craft yang mengolah eceng gondok berubah menjahit masker.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Pogram Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 15 Mei 2020 membahas mengenai Pesona di Balik Eceng Gondok.

Dalam pembahasan tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal ketiga dan jawaban.

Soal: Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dan mengapa kamu memilihnya?

Jawaban: Saya akan berkreasi dengan membuat tas belanja. Karena tas belanja banyak diminati oleh orang banyak khususnya ibu-ibu.

Dengan model yang bagus dan dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Pastinya akan laku dan memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga: Tahap Awal Encek Gondok Menjadi Bahan Baku Kerajinan, Jawaban Soal TVRI 15 Mei SMP

Tas belanja ini juga untuk mengganti kantong plastik yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan.

Eceng gondok juga bisa dibuat kerajinan, seperti miniatur candi, tempat tisu, rak buku, mobil-mobilan, atau asesoris interior.

Pastinya harus melihat minat masyarakat di pasaran seperti apa. Semakin sulit anyaman yang dibuat, akan semakin mahal nilai jualnya.

Bahkan tidak hanya dijual di dalam negeri tapi juga bisa sampai di pasar internasional. Untuk pemasaran bisa lewat media sosial (medsos) atau dititipkan ke koperasi atau toko. 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X