Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreasi Eceng Gondok Menjadi Kerajinan, Jawaban Soal TVRI 15 Mei SMP

Kompas.com - 15/05/2020, 09:15 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Pogram Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 15 Mei 2020 membahas mengenai Pesona di Balik Eceng Gondok.

Dalam pembahasan tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal ketiga dan jawaban.

Soal: Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dan mengapa kamu memilihnya?

Jawaban: Saya akan berkreasi dengan membuat tas belanja. Karena tas belanja banyak diminati oleh orang banyak khususnya ibu-ibu.

Dengan model yang bagus dan dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Pastinya akan laku dan memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga: Tahap Awal Encek Gondok Menjadi Bahan Baku Kerajinan, Jawaban Soal TVRI 15 Mei SMP

Tas belanja ini juga untuk mengganti kantong plastik yang berbahaya dan tidak ramah lingkungan.

Eceng gondok juga bisa dibuat kerajinan, seperti miniatur candi, tempat tisu, rak buku, mobil-mobilan, atau asesoris interior.

Pastinya harus melihat minat masyarakat di pasaran seperti apa. Semakin sulit anyaman yang dibuat, akan semakin mahal nilai jualnya.

Bahkan tidak hanya dijual di dalam negeri tapi juga bisa sampai di pasar internasional. Untuk pemasaran bisa lewat media sosial (medsos) atau dititipkan ke koperasi atau toko. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com