Kompas.com - 29/12/2019, 08:00 WIB
ilustrasi Venus ilustrasi Venus

KOMPAS.com - Venus adalah planet kedua dari matahari. Setelah bulan, venus menjadi benda ruang angkasa yang paling terang. Bintang kejora merupakan julukan dari planet Venus. 

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, venus merupakan planet terdekat dari bumi dan memiliki ukuran yang mirip dengan bumi.

Namun kondisi di venus tidak sama dengan bumi. Venus sangat panas dan kering, banhkan planet tersebut diselimuti lapisan awan yang tebal.

Venus memiliki atmosfer berlapiskan gas karbon dioksida di sekitarnya. Atmosfernya tebal menangkap panas. Karena lapisan tersebut, venus juga menjadi planet yang paling panas.

Planet paling terang

Diambil dari situs Space, venus memiliki albedo tertinggi dibandingkan dengan planet lain yang ada di tata surya.

Venus menjadi sangat terang karena memantulkan lebih dari 70 persen dari sinar matahari ke arah mata kita.

Baca juga: Mengenal Anggota Tata Surya, dari yang Terbesar sampai yang Terkecil

Albedo adalah perbandingan antara berapa banyak cahaya yang menyinari suatu obyek semesta dengan berapa banyak cahaya yang dipantulkan obyek semesta tersebut.

Para astronom menggunakan istilah albedo untuk menggambarkan seberapa terang obyek semesta.

Venus diselimuti oleh awan yang memiliki tingkat pantulan yang tinggi. Awan di atmosfer venus mengandung titik-titik kecil asam belerang.

Cahaya matahari memantul dengan mudah di awan venus sehingga terlihat lebih terang di langit malam.

Ukuran, massa, dan kepadatan

Venus adalah planet terkecil ketiga di tata surya setelah merkurius dan mars.

Venus seringkali disebut sebagai planet kembaran dari bumi. Diameter venus sekitar 7.521 mil atau 12.104 kilometer , sedangkan diameter bumi sekitar 7.926 mil.

Massanya sekitar 80 persen dari bumi dan kepadatannya sekitar 95 persen dari bumi. Gravitasi permukaan kedua planet juga memiliki kekuatan yang sama.

Penampilan dari bumi

Seperti merkurius, venus adalah planet inferior atau memiliki orbit yang lebih kecil dibandingkan bumi.

Baca juga: Mengenal Bumi Rumah Kita

Hal ini membuat venus selalu muncul di langit bumi dengan arah yang kira-kira sama dengan matahari.

Namun, di waktu tertentu venus bisa muncul sebagai bintang pagi atau muncul sebelum matahari terbit.

Dibandingkan bumi, orbit venus lebih dekat ke matahari. Venus memiliki beberapa fase yang mirip seperti bulan ketika dilihat dari bumi.

Fase tersebut terkadang muncul seperti bulan sabit tipis, setengah bagian, atau penuh.

Venus melewati satu siklus fase setiap 584 hari di bumi. Fase tersebut bisa dengan mudah dilihat menggunakan teropong dari bumi.

Venus juga mengalami gerhana yang disebut transit. Planet ini kemudian terlihat di bumi seperti piringan hitam yang melintasi terang matahari. Hal tersebut bisa terjadi 125 tahun sekali.

Baca juga: Mengenal Matahari yang Menyinari Bumi

Seperti halnya gerhana lainnya, untuk melihat gerhana dari venus tidak boleh dilihat dengan mata telanjang. Harus menggunakan alat.

Bahkan teleskop juga harus diberi filter atau karton putih tipis untuk memproyeksikan gambar gerhana venus tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X