Kompas.com - 12/12/2019, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Jika pernah jalan-jalan dan masuk ke dalam gua, kita akan banyak melihat batu-batuan berlapis menonjol yang lancip bagian atasnya.

Ada juga bebatuan dari atas yang lancip bawahnya. Keduanya membuat gua jadi obyek foto yang indah.

Yang satu namanya stalagmit, dan yang satu lagi namanya stalaktit. Tahukah kamu bagaimana proses stalagmit dan stalaktit terbentuk? Mari simak penjelasannya...

Stalagmit

Stalagmit terbentuk dari kumpulan kalsit atau kalsium karbonat yang berasal dari air yang menetes. Pembentukannya itu secara vertikal, dari bawah tumbuh ke atas.

Baca juga: Stalagmit Gua Kuno Ungkap Runtuhnya Kekaisaran Akkadia

Bentuk stalagmit berbeda-beda. Ada yang lebar, pendek, tinggi, kurus dan juga menjulang seperti menara.

Bentuknya ditentukan oleh tingkat menetesnya air di daerah tropis yang mempunyai tingkat karbondioksita tinggi dan di daerah kering. Sehingga pengendapan dapat dipercepat oleh penguapan.

Stalaktit dan Stalakmit di Goa Batu Cermin sudah menyatu. Ini salah satu keunikan dari goa alam tersebut. Jejak-jejak hewan laut juga dapat ditemui di dinding batu Goa Batu Cermin, di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Flores, NTT.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Stalaktit dan Stalakmit di Goa Batu Cermin sudah menyatu. Ini salah satu keunikan dari goa alam tersebut. Jejak-jejak hewan laut juga dapat ditemui di dinding batu Goa Batu Cermin, di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Flores, NTT.

Stalaktit

Stalaktit berasal dari bahasa Yunani yang artinya menetes. Jika stalagmit batuan yang berbentuk lancip dengan ujung mengarah ke atas, stalaktit adalah batuan yang runcing dan berlubang-lubang lancip dengan ujungnya mengarah ke bawah.

Stalaktit terbentuk dari kalsium karbonat yang mengendap serta mineral-mineral lainnya, yang terendap dalam larutan air bermineral.

Baca juga: Ada Stalaktit di Bawah Air Meksiko, Bagaimana Bisa Terbentuk?

Jika stalagmit dan stalaktit ini berada saling beriringan di bagian lantai dan langit-langit gua. Keduanya terbentuk secara alami dan memperindah tampilan dalam gua.

Bentuk Stalagmit dan Stalaktit

Dikutip pada Enclyclopaedia Britannica (2015), stalaktit dan stalagmit bentuknya memanjang. Bentuknya diperoleh dari berbagai mineral yang diendapkan dari larutan dengan air yang menetes perlahan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.