Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potensi Sumber Daya Alam di Benua Amerika

KOMPAS.com - Benua Amerika terletak di antara Samudra Atlantik dan Samudera Pasifik. Nama Benua Amerika diambil dari penjajah yang mempopulerkan benua ini ke Eropa, yaitu Amerigo Vespucci. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, benua ini umumnya terbagi menjadi tiga, yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. 

Benua Amerika terletak antara 83°LU - 55°LS dan 170° BT - 35° BB. Secara geografis letak Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering di sebelah barat. 

Di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.

Berikut beberapa potensi sumber daya alam yang ada di Benua Amerika dikutip dari The Balance, yaitu: 

Pertanian dan agrikultur 

Hasil pertanian di Benua Amerika adalah padi,kapas, kopi, dan gula. Di mana hasil pertanian tersebut tersebar di berbagai negara di Benua Amerika. 

Negara penghasil padi di Benua Amerika, yaitu Georgia, Carolina, Texas, Louisiana, dan California.

Kemudian penghasil gula berada di Hawai, Mississippi, Louisiana, Karibia, dan Kuba. Penghasil kopi ada di Guatemala, Argentina, Kolumbia, dan El Salvador. 

Sedangkan negara penghasil kapas ada di Arkansas, Nevada, Georgia, Alabama, Louisiana, Oklahoma, dan Texas.  

Pertambangan 

Potensi tambang yang ada di Benua Amerika adalah batubara, emas, perak, gas alam, dan minyak bumi. Daerah penghasil batubara di Benua Amerika yaitu Pegunungan Appalachia, Chile. 

Sedangkan penghasil emas dan perak di Meksiko dan Missouri. Untuk hasil gas alam dan minyak bumi terdapat di negara Meksiko dan Venezuela. 

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/13/210000169/potensi-sumber-daya-alam-di-benua-amerika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke