Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian Membaca Menurut Para Ahli

Pengertian membaca menurut F. M. Hodgson

Menurut F. M. Hodgson dalam buku berjudul Learning Modern Languages (1960), membaca adalah suatu proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media berupa kata-kata atau bahasa tulis.

Pengertian membaca menurut R. C. Anderson

Menurut R. C Anderson dalam buku berjudul Language Skill in Elementary Education (1972), membaca adalah proses penyandian kembali (recoding) dan pembacaan sandi (decoding). Di mana sandi tersebut berupa lambang atau simbol bahasa tulis.

Pengertian membaca menurut Finosshiaro dan Bonomo

Mery Finocchiaro dan Micahel Bonomo dalam buku berjudul The Foreign Language Learner: A Guide for Teacher (1973), membaca adalah memetik dan memahami makna yang terkandung dalam suatu bahasa tulis.

Pengertian membaca menurut Henry Guntur Tarigan

Menurut Henry G. Tarigan dalam buku berjudul Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa (1987), membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis.

Pengertian membaca menurut Robert Lado

Roberst Lado dalam buku berjudul Early Reading (1976), menyebutkan bahwa membaca adalah memahami pola-pola bahasa dari gambaran tertulisnya.

Pengertian membaca menurut P. D. Pearson dan D. D. Johnson

Menurut Johnson dan Pearson dalam buku berjudul Teaching Reading Comprehension (1978), membaca adalah praktik menggunakan teks untuk memperoleh makna.

Pengertian membaca menurut Kolker

Kolker dalam buku berjudul Film, Form, and Culture (1983), menyebutkan bahwa membaca adalah proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan menggunakan bahasa tulis.

Selanjutnya, kolker juga berpendapat bahwa hakikat membaca terdiri dari tiga hal, yaitu afektif, kognitif, dan juga bahasa.

Pengertian membaca menurut Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf dalam buku berjudul Kosakata Bahasa Indonesia (1996), membaca adalah sebuah proses fisik dan mental yang memberikan makna pada simbol-simbol visual.

Pengertian membaca menurut Rosenblatt

Menurut Rosenblatt, membaca adalah proses transaksional yang merliputi langkah-langkah selama pembaca membangun makna melalui interaksinya dengan teks bacaan.

Pengertian membaca menurut Nurhadi

Menurut Nurhadi dalam Membaca Cepat dan Efektif (1987), membaca adalah proses pengucapan lisan untuk mendapatkan isi yang terkandung di dalam bacaan.

Pengertian membaca menurut Tampubolon

Menurut D. P. Tampubolon dalam buku berjudul Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (1987), membaca adalah proses penalaran untuk memahami ide atau pikiran yang terkandung dalam bahasa tulis.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/16/140153269/pengertian-membaca-menurut-para-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke