Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesimpulan Hubungan Interaksi antara Warga Masyarakat

KOMPAS.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan sehari. Berikut adalah bagan interaksi antar warga dalam suatu lingkungan:

Bagan di atas menggambarkan hubungan yang mencerminkan interaksi antara warga masyarakat dalam suatu kegiatan ekonomi.

Menurut Sri Wahyuningsih dalam jurnal berjudul Sikap Interaksi dan Individu dalam Kehidupan Sehari-hari (2007), interaksi adalah proses di mana orang-orang berkomunikasi saling pengaruh dan memengaruhi dalam pikiran dan tindakan.

Interaksi antara warga masyarakat 

Dari bagan di atas terlihat bahwa kegiatan dimulai dari petani pisang di desa. Petani di desa merupakan produsen yang menghasilkan buah pisang sebagai produknya. Setelah pisang dipanen, petani pisang di desa menggunakan jasa transportasi untuk mengirim pisang.

Menurut Ofyar Z. Tamin dalam Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi (2008), transportasi diperlukan karena sumber kebutuhan manusia tidak terdapat di sembarang tempat, sehingga harus dilakukan kegiatan pengangkutan.

Pisang dikirim dari petani di desa untuk dijual di tempat lain dengan menggunakan jasa transportasi berupa pengusaha penyewaan truk pengangkut hasil pertanian. Pisan dari petani kemudian diangkut ke kota-kota dan dijual di pasar buah tradisional.

Penjual pisang goreng di kota kemudian membeli pisang di pasar tradisional. Untuk menjual pisang goring, dibutuhkan bahan baku dan juga kemasan. Bahan baku pisang goreng lainnya seperti terigu dan minyak didapat dari toko kelontong yang menjual bahan makanan pokok sehari-hari.

Adapun kemasan pisang goreng didapat dari penjual kotak kemasan makanan. Setelah pisang, bahan baku lain, dan juga kemasan lengkap. Barulah penjual pisang goreng dapat menjual barang dagangannya dan dibeli oleh pembeli pisang goreng.

Kesimpulan hubungan interaksi antara para warga masyarakat tersebut adalah manusia bergantung kepada manusia lainnya dalam melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

Sehingga sesama warga masyarakat harus membina hubungan saling menghargai dan interaksi yang baik agar kegiatan ekonomi bisa berlangsung dengan lancar.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/29/090000169/kesimpulan-hubungan-interaksi-antara-warga-masyarakat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke