Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Pernyataan Keragaman Sosial Budaya Menjadi Modal Pembangunan

KOMPAS.com - Keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan, artinya sifat majemuk yang ada di masyarakat dijadikan modal utama untuk melaksanakan pembangunan nasional.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keragaman bisa diartikan sebagai suatu hal yang memiliki banyak ragam. Keragaman sosial budaya adalah kondisi masyarakat yang terdiri atas berbagai latar belakang yang beragam atau berbeda.

Keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan

Makna pernyataan keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan menurut Baso Madiong dalam buku Sosiologi Hukum: Suatu Pengantar (2014), di mana suatu negara yang masyarakatnya memiliki agama, budaya, bahasa, ekonomi, pendidikan yang beragam akan menjadikan negara itu kuat. Karena setiap masyarakat memiliki identitas dan ciri uniknya masing-masing.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi agar keragaman sosial budaya dapat menjadi modal pembangunan. Syarat tersebut haruslah dipenuhi oleh setiap masyarakat dalam sebuah negara.

Mengutip dari buku Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa (2020), agar keragaman sosial budaya dapat menjadi modal pembangunan, masyarakatnya harus mau menghormati keragaman yang ada.

Artinya masyarakat siap menerima dan menghargai perbedaan atau bentuk keragama yang ada. Contohnya dengan toleransi, menghormati sesama, tidak bermusuhan, dan sebagainya.

Apabila masyarakat sebuah negara tidak bisa menghormati atau menghargai keragaman yang ada, maka keragaman sosial budaya tidak bisa menjadi modal pembangunan.

Contoh pendapat tentang pernyataan “Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional” adalah: 

Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena menurut saya, pernyataan “keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional”, bisa terjadi asalkan masyarakatnya terbuka dan mau menghargai keragaman serta perbedaan yang ada. Hal ini tidak hanya menjadi modal penting, namun juga dapat memperkuat sebuah negara.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/24/153000569/makna-pernyataan-keragaman-sosial-budaya-menjadi-modal-pembangunan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke