Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tari Serampang Dua Belas, Mengisahkan Cinta Pandangan Pertama

KOMPAS.com - Tari Serampang Dua Belas berasal dari Sumatera Utara. Tarian ini diciptakan oleh salah satu guru di Sumatera Utara, yaitu Guru Sauti.

Dalam buku Budaya Musik dan Tari Melayu Sumatera Utara (2008) oleh Muhammad Takari, sebelum bernama Serampang Dua Belas, tarian ini berana Pulau Sari.

Nama dua belas artinya tarian dengan gerakan tercepat di antara lagu yang bernama serampang. Selain itu penamaan Serampang Dua Belas merujuk pada ragam gerak tarinya sebayak 12.

Tari Serampang Dua Belas adala tarian yang berkisah mengenai dua anak manusia yang saling jatuh cinta sejak pandangan pertama.

Diakhiri dengan pernikahan yang direstuo oleh kedua orang tua sang perempuan. Tarian ini merupakan cerita proses bertemunya dua hati dan biasanya ditarikan oleh pasangan laki-laki dan perempuan.

Gerak tari

Gerakan tari Serampang Dua Belas merupakan perpauan gerak antara Portugis dan Melayu Deli dengan 12 macam gerakan.

Dalam jurnal Tari Serampang Dua Belas di Sumatera Utara Kajian Estetika (2017) karya Sabri Gusmail, 12 ragam gerak tari tersebut adalah:

Sedangkan gerakan-gerakan disetiap ragam tersebut yaitu:

Busana dan alat musik

Dilansir dari situs Encyclopedia Jakarta Tourism, busana penari perempuan adalah baju kurung lengan panjang dengan kain yangmenutupi pinggan hingga mata kaki.

Sedangkan penari pria mengenakan kemeja dan celana panjang. Dilengkapi dengan peci dankain di pinggang sepanjang lutut. Musik pengiring tarian ini adalah gabungan akordeon, kecapi, dan rebana.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/15/163300569/tari-serampang-dua-belas-mengisahkan-cinta-pandangan-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke