Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Musim, Iklim, dan Cuaca

KOMPAS.com - Gerak Bumi menyebabkan terjadinya musim, iklim, dan cuaca yang berbeda di berbagai wilayah di Bumi.

Perubahan atmosfer di Bumi sangat berkaitan dengan musim, iklim, dan cuaca. Meski saling berkaitan, ketiganya memiliki perbedaan yang berguna untuk Bumi.

Cuaca merupakan keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dengan waktu yang singkat. Sedangkan iklim yaitu rata-rata cuaca yang terjadi untuk waktu yang lebih lama.

Apa perbedaan musim, iklim, dan cuaca?

  • Musim

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, musim diartikan waktu tertentu yang bertalian dengan keadaan iklim.

Sedangkan dilansir dari National Geographic, musim adalah periode dalam setahun yang dibedakan oleh kondisi iklim khusus.

Musim juga bisa diartikan sebagai keadaan cuaca yang paling sering terjadi dalam jangka waktu tertentu. Misalnya musim kemarau tentu cuacanya akan cenderung panas.

Terdapat empat musim di dunia, yaitu musim semi, gugur, panas, dan dingin yang mengikuti satu sama lain secara tertaur.

Masing-masing musim memiliki pola cahaya, suhu, dan cuaca yang berulang setiap tahunnya. Musim biasanya diamati dalam hitungan bulan.

  • Iklim

Iklim berbeda dengan cuaca, karena iklim diukur dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan cuaca dapat berubah dari hari ke hari atau dari tahun ke tahu,

Iklim suatu daerah meliputi suhu musiman dan rata-rata curah hujan, serta pola angin. Tempat yang berbeda memiliki iklim yang berbeda pula.

Umumnya iklim ditetapkan dalam jangka waktu 30 tahun. Mencakup informasi statistik ciaca yang menyajikan cuaca normal dan cuaca ekstrem di suatu wilayah.

Iklim yang berbeda, memengaruhi jenis musim dan cuaca. Jenis-jenis iklim, yaitu:

  • Cuaca

Dalam buku Weather (2001) oleh Sue Nicholcon, cuaca adalah rata-rata udara di suatu tempat dan relatif sempir. Cuaca menggambarkan keadaan atmosfer dalam jangka waktu pendek.

Cuaca memiliki jangka waktu yang pendek mulai dari hitungan menit hingga bulan. Di beberapa tempat, cuaca bisa berubah secara signifikan dari menit ke menit maupun jam ke jam.

Jenis cuaca, seperti hujan, berangin, mendung, badai salju, dan lain sebagainya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/01/180533369/perbedaan-musim-iklim-dan-cuaca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke