Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Senam Aerobik: Pengertian, Sejarah dan Jenisnya

KOMPAS.com - Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan iringan musik. Salah satu kategori senam irama adalah senam aerobik.

Dalam buku Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012) oleh Haryanto, aerobik berasal dari kata aero yang artinya oksigen.

Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih. Sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas, dan durasi tertentu.

Senam aerobik merupakan gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik untuk tujuan tertentu.

Sejarah senam aerobik

Senam aerobik di bawakan oleh dr. Kennerh Cooper pada tahun 1960-an. Kemudian pada 1970-an tarian aerobik menjadi tarian yang populer.

Saat itu, sekelompok orang mempelajari tarian dalam kangka waktu sekitar enam sampai delapan minggu. Tarian tersebut dilakukan di pusat-pusat rekreasi, tempat kebugaran, dan sekolah-sekolah.

Seiring berkembangnya jaman aerobik menjadi terkenal dan masuk dalam kategori senam. Bahkan sekarang aerobik bisa dilakukan secara individual.

Pada 1980-an, senam aerobik mulai dikompetisikan ditingkat nasional dan internasionaldengan sebutan fitaerobics serta nomor yang dipertandingkan hanya satu, yaitu individu putra dan putri.

Berkembang jumlah organisasi membuat nama fitaerobics berganti menjadi aerobic competitive pada 1990-an. Peraturan perlombaan diperbaiki dari kemampuan fisik atau teknik.

Kategori perlombaan juga meningkat yaitu berpasangan dan trio. Aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo.

Pada tahun yang sama Federation International Gymnastique (FIG) yang sebelumnya hanya menanungi senam artistic dan ritmik sportif, mulai menggelar kejuaraan dunia Sports Aerobic di Paris pada 1995.

Seriring dengan pengakuan FIG, maka pembinaan Sports Aerobics di Indonesia dilakukan oleh PB. PERSANI. Kegiatan kompetisi yang ada di Indonesia mengacu pada FIG yang dikenal denganistilah Code of Points.

Pada tahun 2005, istilah sports aerobic diganti dengan aerobics gymnastics. Peraturan kejuaraan juga berubah dan nomor yang dipertandingkan adalah single, couple, trio, dan groups.

Jenis senam aerobik

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ada beberapa jenis senam aerobik yang dikenal, yaitu:

  1. High impact aerobic adalah senam aerobik yang dilakukan dengan cara benturan keras, seperti jogging, berlari, meloncat, atau gerakan yang relatif kuat.
  2. Low impact aerobic adalah senam aerobik yang dilakukan dengan cara benturan ringan, misalnya salah satu kaki berada di lantai dan gerakan relatif membutuhkan kekuatan yang lambat.
  3. Aerobic dance yaitu senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  4. Aerobik dengan alat, senam aerobik ini menambahkan variasi, intensitas, serta volume latihan agar lebih meningkat. Biasanya menggunakan kursi, tali, tongkat, bola, dan lainnya.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/24/194952669/senam-aerobik-pengertian-sejarah-dan-jenisnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke