Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Targeting: Definisi dan Kriteria Pemilihan Target Pasar

KOMPAS.com – Setelah melakukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya yang harus ditempuh perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran STP adalah targeting.

Dilansir dari buku Marketing Plan dalam Bisnis (2017) karya Titik Wijayanti, targeting adalah kegiatan menilai dan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh perusahaan.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempermudah mencapai segmen pasar yang ingin diraih dan memberikan kepuasan yang lebih kepada konsumen.

Sementara itu, produk dari targeting adalah target pasar. Target pasar merupakan satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan pemasaran perusahaan.

Pemilihan target pasar tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab pemilihan target pasar merupakan acuan dasar untuk menentukan tujuan dan pengembangan strategi positioning.

Oleh karena itu, pemilihan target pasar harus berlandaskan pada beberapa kriteria. Lebih lanjut, Titik Wijayanti mengatakan bahwa ada empat kriteria untuk memperoleh target pasar yang optimal, yaitu:

Langkah-langkah memilih target pasar

Dalam buku Pemasaran Strategik (2012) karya Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, dijelaskan lima alternatif dalam memilih target pasar, yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/30/154848969/targeting-definisi-dan-kriteria-pemilihan-target-pasar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke