Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuntungan Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG)

KOMPAS.com – Perkembangan perangkat komputer yang begitu masif telah membawa dampak signifikan di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah munculnya sistem informasi geografis atau SIG dalam bidang geografi.

SIG memang tidak bisa dilepaskan dari komputer sebab komponen utama dari SIG adalah perangkat komputer, baik itu perangkat keras ataupun perangkat lunak.

Dilansir dari buku Geographic Information Science and Systems (2015) karya Paul A. Longley dan kawa-kawan, dijelaskan bahwa SIG merupakan alat yang sangat berguna.

SIG dapat membantu semua orang, mulai dari ilmuan hingga warga negara untuk memecahkan masalah geografis.

Masalah geografi mencakup fenomena geosfer yang begitu kompleks. Oleh karena itulah dibutuhkan alat bantu seperti SIG agar data geosfer bisa dengan mudah dan cepat diperoleh.

Seperti yang dijelaskan dalam buku GIS Fundamentals (2016) karya Paul Bolstad, bahwa alasan utama menggunakan SIG adalah kebutuhan untuk menganalisis data secara efektif dan efisien.

Selain itu, SIG dengan menggunakan teknologi komputer juga membantu memecahkan masalah terdahulu yang tidak bisa dipecahkan oleh metode tradisional.


Keuntungan SIG

Tak hanya dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat, menggunakan SIG dengan alat bantu komputer juga memberikan keuntungan yang lain, yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/26/153755669/keuntungan-menggunakan-sistem-informasi-geografis-sig

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke