Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hubungan Gerak Lurus dan Gerak Melingkar

KOMPAS.com - Apakah kalian pernah berpikir bahwa gerak lurus dan gerak melingkar memiliki hubungan yang sama? Jika iya, bagaimanakah hubungan keduanya?

Untuk menjawabnya, mari kita simak penjelasan mengenai hubungan gerak lurus dan gerak melingkar di bawah ini.

Gerak lurus dan gerak melingkar termasuk dalam ruang lingkup kajian mekanika. Dilansir dari Buku Ajar Mekanika dan Aplikasinya (2019), mekanika merupakan ilmu yang mempelajari kondisi benda yang diam atau bergerak akibat pengaruh gaya yang bereaksi padanya.

Persamaan dari gerak lurus dan gerak melingkar adalah keduanya mengkaji benda yang bergerak.

Gerak lurus merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan yang lurus. Sedangkan gerak melingkar merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan melingkar.

Gerak lurus beraturan dan gerak melingkar beraturan sama-sama memiliki percepatan yang konstan. Tetapi pada gerak lurus, percepatannya disebut percepatan linear, sedangkan untuk gerak melingkar dinamakan percepatan sudut.

Kecepatan pada gerak lurus dinamakan kecepatan linear, sedangkan pada gerak melingkar disebut kecepatan sudut. Posisi pada gerak lurus dinamakan jarak, sedangkan untuk gerak melaingkar disebut sudut jarak.

Terakhir adalah selang waktu tempuh yang pada penyebutan keduanya adalah sama. Hubungan antara gerak lurus berubah beraturan dengan gerak melingkar berubah beraturan dapat kita lihat pada tabel di bawah.

Sementara itu, persamaan hubungan gerak lurus dan gerak melingkar dapat kita lihat pada tabel di bawah.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/08/173504569/hubungan-gerak-lurus-dan-gerak-melingkar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke