Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Senam: Sejarah, Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis

KOMPAS.com - Kegiatan menyerupai senam sudah dilakukan sejak zaman Yunani kuno, Cina kuno, Mesir kuno dan India kuno. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesehatan tubuh.

Perkembangan senam pada zaman kuno berkaitan erat dengan perkembangan pendidikan jasmani dan pendidikan umum. Para filsafat percaya, tingkat kebugaran jasmani masyarakat berpengaruh pada tingkat pendidikannya.

Penurunan tingkat pendidikan umum memaksa para pendidik mengarahkan perhatian pada faktor peningkatan kesegaran jasmani. Untuk itu, para ahli filsafat dan pemimpin masyarakat berupaya memasukkan senam dan pendidikan jasmani ke dalam kurikulum sekolah.

Di era modern, senam dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan dalam berbagai tingkatan. Mulai dari perkumpulan senam lokal, sekolah, universitas, hingga kompetisi nasional bahkan internasional.

Sejarah senam

Senam berasal dari bahasa Inggris gymnastics. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, istilah gymnastic berasal dari bahasa Yunani Kuno gymnos yang artinya latihan dengan telanjang.

Penggunaan istilah tersebut diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian.

Gymnastic berarti gerak badan atau olahraga baik untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.

Di Indonesia, senam sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan sebutan gymnastic. Sedangkan negara Jepang menyebut senam dengan istilah taiso.

Sejak zaman Yunani Kuno hingga era saat ini senam telah mengalami perkembangan yang pesat seiring kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Terlihat dari bentuk-bentuk gerakan, sistematika latihan maupun tujuannya.

Friedrich Ludwig Jahn dari Jerman disebut Bapak Gymnastic Modern. Pada 1700-an, Jahn berhasil mengombinasikan latihan-latihan gymnastic dengan pertunjukan patriotik.

Jahn juga berhasil menemukan beberapa peralatan senam seperti palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang dan bak lompat.

Pada awal abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah di Amerika berkat usaha Dr JF Williams, Dr Dubly Sorgen dan Thomas D Wood.

Pengertian Senam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu seperti menggeliat, menggerakkan dan meregangkan anggota badan.

Dikutip dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2010), senam adalah setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan senam

Senam juga dapat diartikan sebagai aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Itu sebabnya senam disebut sebagai olahraga dasar.

Senam adalah setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Senam mempunyai sistematika tersendiri untuk mencapai tujuan, meliputi:

Ciri-ciri senam

Dalam Dr. Olahraga Menjelaskan Senam Lantai (2012), berikut ini karakteristik senam:

  1. Gerakan-gerakan senam selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja.
  2. Gerakan-gerakan senam harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu.
  3. Gerakan-gerakan senam harus selalu tersusun dan sistematis.

Jenis-jenis senam

Terdapat beragam jenis senam di dunia ini. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Senam lantai

Senam lantai adalah senam yang gerakannya dilakukan di matras dengan unsur seperti melompat, berguling, meloncat dan berputar di udara serta menumpu pada tangan dan kaki.

  • Senam artistik (atletik)

Senam artistik atau senam atletik adalah senam yang berisi gerakan-gerakan dengan menggunakan alat. Senam artistik menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mencapai keindahan dari gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan alat.

  • Senam aerobik

Senam aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Olahraga ini untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi. Merupakan olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal.

  • Senam dasar

Senam dasar adalah senam yang menitikberatkan pada bentuk latihan kekuatan, kecepatan dan ketahanan. Senam dasar adalah jenis latihan tubuh atau kondisi melalui gerakan senam yang dipergunakan sebagai latihan pemanasan.

  • Senam ritmik (irama)

Senam ritmik atau senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/18/140000869/senam-sejarah-pengertian-tujuan-ciri-dan-jenis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke