Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proses Terjadinya Embun

Itu disebut dengan sebagai dengan embun. Embun adalah uap air yang mengalami proses pengembunan dan proses berubahnya gas menjadi cairan.

Proses terjadinya embun

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), embun merupakan endapan tetesan air yang terbentuk oleh kondensasi atau proses perubahan wujud air dari gas menjadi cair.

Pada siang hari itu air akan menguap menjadi uap air. Kemudian uap air ini terperangkap di udara.

Biasanya itu terjadi pada malam hari. Karena embun akan terbentuk pada suhu dingin dan kondisi yang cukup tenang atau tidak berangin.

Embun di pagi hari 

Malam yang cerah sangat ideal untuk embun terbentuk karena di bawah keadaan kehilangan panas matahari ke langit oleh radiasi (pergerakan energi dari satu tempat ke tempat lain).

Uap air itu akan menempel pada benda-benda seperti daun, tanah, gedung, maupun rumput. Permukaan benda-benda tersebut ikut menjadi dingin, sehingga membuatnya mudah menempel.

Uap air yang menempel pada permukaan benda-benda itu tidak akan berlangsung lama. Ini akan berubah kembali menjadi titik-titik air, ini karena suhu menjadi lebih dingin dan udara memiliki satu titik jenuh.

Inilah embun yang sering kita lihat pada pagi hari. Ini adanya penurunan suhu udara yang juga bisa menyebabkan berada di titik jenuh.

Karena pada benda-benda tersebut tidak lagi menampung uap air lebih banyak. Sebagian uap kembali berubah menjadi titik air.

Pembentukan embun didorong oleh penyebaran uap air. Ada dua cara yang memungkinkan uap air menyebar ke seluruh vegetasi atau kumpulan dari beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh bersama-sama pada satu tempat.

Pertama, ada pergerakan uang air ke bawah atmosfer yang terjadi ketika kandungan uap air di udara meningkat dengan ketinggian. Embun dalam hal ini disebut dewfall.

Kedua, ada pergerakan uap air ke atas yang terjadi ketika suhu permukaan tanah lebih tinggi dari pada daun. Ini disebut destilasi.

Dari sudut pandang biologis, kegunaan embun masih diperdebatkan. Karena embun dapat merangsang pertumbuhan jamur yang berbahaya bagi tanaman. 

Embun terbentuk pada titik embun dan kemudian membeku dan ini disebut embun beku. Embun beku ini terbentuk dari uap air dalam sebuah atmosfer di atas titik beku.

Ini mengakibatkan uap air di atas benda-benda didekat tanah. Biasanya itu embun beku mudah rapu dan beragam bentuk. 

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/19/080000969/proses-terjadinya-embun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke