Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Gula merah dan gula kelapa adalah jenis pemanis yang berbeda. Perbedaan kedua gula ini ada pada asal bahan yang terkandung di dalamnya.

Seringkali, orang menyamakan kedua jenis gula ini karena kemiripan rasanya, gula aren terkadang memiliki rasa yang sama seperti gula merah.

Keduanya sama-sama memiliki rasa seperti karamel dan memiliki warna rona kecokelatan.

Perbedaan gula merah dan gula kelapa

Lantas, apakah perbedaan dari gula merah dan gula kelapa ini?

Dilansir dari The Spruce Eat, Kamis (2/3/2023), gula merah terbuat dari sukrosa kristal, yang mana pemanis ini melalui proses dan bahan baku yang sama dengan gula pasir, yakni berasal dari tebu.

Sukrosa kristal selanjutnya dikombinasikan dengan sedikit molase. Molase ini lah yang membuat warna khas pada gula merah dan rasa yang lebih kaya.

Selain itu, perbedaan lainnya yakni gula merah memiliki kelembaban yang lebih banyak dibandingkan gula kelapa, sehingga membuatnya menjadi bahan pemanis yang lebih baik untuk kue.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Gula Aren atau Gula Merah?

Sementara itu, gula kelapa atau coconut sugar berasal dari pohon kelapa sejenis aren, yang mana pemanis alami ini dihasilkan dengan mengambil getah bunga kelapa, atau yang dikenal sebagai nira. 

Jenis gula ini banyak dihasilkan dan dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Sri Lanka.

Meski warnanya mirip, warna merah kecokelatan ini, diperoleh dari proses memasak dan saat diolah tidak ditambah dengan bahan lain, inilah yang menjadi perbedaan gula kelapa dengan gula merah. Jenis gula alami ini juga sering digunakan sebagai pengganti pemanis olahan, gula halus maupun pemanis buatan.

Dibandingkan gula merah, gula kelapa dikenal memiliki manfaat yang menonjol dibandingkan pemanis lainnya. Manfaat gula kelapa adalah tidak memberikan reaksi berlebih terhadap gula darah dalam tubuh.

Kendati demikian, gula kelapa bukan makanan kesehatan yang sesungguhnya, karena masih termasuk pemanis yang meski memiliki lebih banyak nutrisi, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak disarankan oleh para ahli gizi dan kesehatan.

Gula merah dan gula kelapa adalah jenis pemanis yang sering digunakan bergantian. Keduanya juga merupakan pemanis yang cukup populer yang dimanfaatkan dalam setiap sajian masakan dan minuman.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Gula Merah atau Gula Pasir?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com