Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katak Kaca Bertubuh Transparan, Ini Rahasia Dibalik Keunikan Tubuhnya

Kompas.com - 24/12/2022, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kata kaca menjadi salah satu spesies hewan yang memiliki tubuh transparan. Mereka bahkan mampu meningkatkan transparansi hingga 61 persen.

Baru-baru ini peneliti berhasil mengungkap bagaimana amfibi tersebut bisa melakukan hal tersebut.

Hasilnya peneliti mengungkap bisa menggandakan transparansi tubuhnya dengan menyimpan sebagian besar darahnya di hati saat mereka tidur.

Peneliti berharap temuan ini dapat memahami bagaimana katak berhasil mengumpulkan darah mereka dengan cara tersebut tanpa mengalami pembekuaan darah.

Harapannya, wawasan baru itu dapat digunakan untuk mencegah pembekuan berbahaya pada hewan lain, termasuk manusia.

Baca juga: Katak Kantong Buah Zakar Raksasa Terancam Punah, Diburu untuk Obat

Dilansir dari New Scientist, Jumat (23/12/2022) amfibi tropis seukuran marshmallow ini menghabiskan hari-hari mereka dengan tidur di atas dedaunan hijau cerah. Katak transparan ini juga mencari makan di bawah naungan kegelapan.

Menjadi transparan membantu katak kaca terhindari dari predator, tetapi ini adalah tugas biologis yang menantang karena sebagian besar hewan harus terus memompa sel darah merah ke seluruh tubuh untuk mengantarkan oksigen ke jaringan mereka.

"Transparansi pada umumnya jarang terjadi pada vertebrata. Hanya beberapa spesies ikan dan amfibi yang berhasil termasuk katak kaca Fleischmann (Hyalinobatrachium fleischmanni)," ungkap Jesse Delia dari American Museum of Natural History, New York.

Delia bersama rekan-rekannya mulai meneliti transparansi katak lebih dekat setelah memperhatikan bahwa hewan tersebut tampak jauh lebih transparan saat tidur dibandingkan saat bangun.

Jadi para peneliti mengukur keburaman katak kaca dengan menyinari panjang gelombang cahaya yang berbeda melalui hewan saat mereka aktif dan saat mereka beristirahat.

Baca juga: Katak ini Lahir dari Sperma Beku lewat Program Bayi Tabung, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com