Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Punya Masalah Asam Lambung tapi Lapar di Malam Hari, Sebaiknya Makan Apa?

Kompas.com - 03/12/2022, 10:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama Siska bertanya ke subrubrik Halo Prof! Kompas.com mengenai makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung pada malam hari. Berikut pertanyaannya:

"Halo, Prof, saya Siska ingin bertanya tentang bagaimana kalau kita seorang penderita asam lambung, perut kita keroncongan di malam hari pada pukul 03.00, apakah saya boleh makan seperti roti gandum? Terima kasih."

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Berikut paparannya:

Halo Ibu Siska, terima kasih atas pertanyaannya.

Baca juga: Air Kelapa untuk Asam Lambung, Apakah Bisa?

Penderita gangguan lambung yang mengalami lapar pada malam hari, sebaiknya pilih makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna seperti roti tawar atau roti manis, bubur, atau biskuit dalam porsi kecil.

Roti gandum mengandung lebih banyak serat sehingga lebih sulit dicerna dibandingkan dengan roti biasa.

Ilustrasi roti tawar Dok. Shutterstock/Ika Rahma H Ilustrasi roti tawar

Untuk mencegah kekambuhan gangguan lambung, penderita sebaiknya menerapkan pola makan sebagai berikut:

• Makan teratur setiap 3 jam, pilihlah makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna, dalam porsi kecil

• Hindari mengonsumsi makanan yang merangsang lambung seperti makanan yang asam, pedas, tinggi lemak, atau mengandung gas, suhu makanan terlalu panas atau dingin

• Sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan, usahakan beri jeda 2-3 jam setelah makan dalam posisi berdiri atau duduk untuk mencegah naiknya asam lambung/refluks

Jika keluhan ini seringkali muncul dan mengganggu, sebaiknya konsultasikan kondisi tersebut ke dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi untuk mendapatkan terapi penanganan yang sesuai.

Baca juga: Gejala Asam Lambung Paling Umum, Apa Saja?

Ada baiknya tidak melakukan self-diagnose dan self-therapeutic dengan mencoba mengobati sendiri keluhan gangguan lambung Ibu tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Kemudian, apabila Ibu masih memiliki keraguan terkait pola makan penderita gangguan lambung, Ibu dapat berkonsultasi juga dengan dokter spesialis gizi klinik.

dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi

Dokter Spesialis Gizi Klinik

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi
Dokter Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah ? Bintaro JayaRS Pondok Indah dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com