Kompas.com - 25/06/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Mempunyai penyakit yang berhubungan dengan lambung memang tidak bisa sembarangan menanganinya. Penyakit yang sering dialami oleh banyak orang terkait lambung salah satunya asam lambung.

Di pintu masuk ke bagian perut terdapat katup, cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES). Biasanya, LES menutup segera setelah makanan melewatinya, tapi jika tidak menutup sepenuhnya atau terlalu sering terbuka, asam yang diproduksi lambung dapat naik ke kerongkongan.

Ini dapat menyebabkan gejala tidak nyaman di dada menyerupai sensasi terbakar atau mulas. Jika gejalanya terjadi lebih dari dua kali seminggu, kemungkinan menderita refluk gastroesofageal (GERD).

Melansir WebMD, penyebab utama penyakit asam lambung adalah kelainan lambung yang disebut hernia hiatus. Ini terjadi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma, otot yang memisahkan perut dari dada.

Biasanya, diafragma membantu menjaga asam di perut, tapi adanya hernia hiatus dapat menyebabkan asam naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala penyakit refluks asam.

Baca juga: 7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal

Lantas, apakah air kelapa bisa dikonsumsi untuk asam lambung?

Air kelapa digemari dan begitu mudah ditemukan di Indonesia. Minuman ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya mengatasi asam lambung.

Dituliskan Healthline, manfaat air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk penderita refluks asam atau GERD.

Minuman ini menjadi sumber baik dari elektrolit yang bermanfaat seperti potasium. Air kelapa juga meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengelola refluks asam.

Lebih lanjut, mengutip laman NDTV, enzim alami dalam kandungan air kelapa dapat membantu penderita gangguan pencernaan atau asam lambung.

Ketika mengalami diare atau pulih dari penyakit yang berhubungan dengan perut, seperti asam lambung, beberapa gelas air kelapa akan membantu menenangkan perut dan membantu kembali pulih lebih cepat.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa Menurut Sains

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.