Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Pertama Ular yang Melahirkan Ditemukan, Seperti Apa?

Kompas.com - 17/11/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Tim ilmuwan gabungan dari Argentina dan Jerman telah menemukan bukti fosil pertama di dunia yang menunjukkan ular yang melahirkan.

Fosil itu ditemukan di situs Warisan Dunia UNESCO Messel Pit, Jerman.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal The Science of Nature ini, para peneliti menggambarkan ada tulang embrio ular yang ditemukan ditubuh induknya.

Temuan bukti pertama ular melahirkan tersebut pun menunjukkan bahwa ular vivipar, yakni berkembang biak dengan melahirkan, sudah ada setidaknya 47 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari Phys, Rabu (16/11/2022) sebagian besar reptil yang hidup hari ini bertelur, yang disebut oviparitas dan ini adalah cara reproduksi hewan berdarah panas yang paling umum.

Baca juga: Ular Weling, Ular Berbisa yang Hidup di Indonesia

Akan tetapi ada pengecualian, setelah menganalisis bukti pertama ular yang melahirkan. Ternyata ada banyak spesies kadal dan ular yang diketahui menyimpang dari norma dan bereproduksi dengan cara melahirkan keturunannya.

"Pelestarian fosil dari peristiwa reproduksi umumnya sangat langka. Secara total, hanya dua catatan fosil reptil darat vivipar yang telah ditemukan hingga saat ini. Dan sekarang kami telah berhasil menggambarkan bukti fosil ular vivipar pertama di dunia," kata Dr Krister Smith dari Senckenberg Research Institute and Natural History Museum Frankfurt.

Fosil ular yang melahirkan ini merupakan Messelophis yang merupakan keluarga dari ular boa. Panjangnya sekitar 50 Cm dan berasal dari era Eosen.

"Spesies ini termasuk ular paling umum yang diketahui dari Messel. Namun spesies (ular yang melahirkan) ini berusia 47 juta tahun dan yang mengejutkan itu (adalah) ular betina yang sedang bunting. Setidaknya dua embrio ditemukan di dalamnya," jelas Dr. Mariana Chuliver, penulis utama studi dari Fundacion de Historia Natural di Buenos Aires menjelaskan bukti pertama ada ular yang melahirkan.

Baca juga: Berusia 47 Juta Tahun, Ini Fosil Ular Piton Tertua di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com