Kompas.com - 31/10/2022, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) secara resmi meluncurkan studi independen terhadap UFO atau fenomena udara tak dikenal (UAP).

Penyelidikan ini akan berjalan selama sembilan bulan ke depan dan didukung oleh tim yang terdiri dari 16 ahli terkemuka, termasuk ahli astrofisika, eksekutif industri kerdigantaraan, dan mantan astronot.

Dalam studi tersebut, tim akan menggali sebanyak mungkin data tentang penampakan fenomena udara tak dikenal, yang sebelumnya dilaporkan.

Baca juga: Misi Uji Lindungi Bumi, Wahana Antariksa NASA Bakal Tabrak Asteroid

Mengutip Live Science, Minggu (30/10/2022) studi ini juga nantinya akan membantu menjadi dasar dalam penelitian-penelitian selanjutnya di NASA dan juga seluruh lembaga pemerintah.

"Menjelajahi hal yang tak diketahui di luar angkasa dan atmosfer adalah tugas inti di NASA," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA.

"Memahami data yang kita miliki seputar fenomena udara tak dikenal sangat penting untuk membantu kita menarik kesimpulan ilmiah tentang apa yang terjadi di langit kita," katanya lagi.

Selama penyelidikan sembilan bulan, tim studi akan melihat data rahasia yang dikumpulkan oleh warga sipil, instansi pemerintah dan perusahaan swasta terkait dengan pengamatan di langit yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pesawat atau fenomena alam.

Pendekatan tim juga akan termasuk mencakup mengidentifikasi data UAP yang tersedia, mencari cara untuk mengumpulkan lebih banyak data di masa depan, dan mengembangkan metode untuk mempelajari data itu dengan cara yang memajukan pemahaman ilmiah NASA, mengenai penampakan fenomena udara tak dikenal.

Tim akan merilis laporan temuannya kepada publik pada pertengahan tahun 2023.

Tidak ada bukti bahwa UAP terkait dengan alien. Namun badan antariksa tersebut memiliki banyak program penelitian yang ditujukan untuk mengungkap tanda-tanda kehidupan di luar Bumi dan jauh melebihi itu.