Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan UFO Donat di Langit Swiss Tertangkap Kamera Fotografer

Kompas.com - 15/11/2021, 20:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang fotografer asal Zurich, Swiss, mengunggah foto misterius sebuah objek yang menyerupai UFO (Unidentified Flying Object). Unggahan yang disebutnya sebagai "UFO donat" itu viral di media sosial pada Senin, 8 November lalu.

Dia membagikan hasil foto UFO yang berbentuk donat tersebut menggunakan akun Twitter @Eavix1Eavix. Sayangnya, unggahan foto miliknya kini sudah dihapus.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (13/11/2021) benda terbang itu tampak seperti pesawat ruang angkasa yang terdiri dari beberapa cincin konsentris berwarna biru cerah.

Sang fotografer mencurigai apa yang dilihatnya itu adalah kapsul Endeavour SpaceX, yang dijadwalkan kembali ke Bumi malam itu dengan empat astronaut yang baru saja menyelesaikan 200 hari tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Situs tabloid Inggris The Daily Mail bahkan memasukkan foto-foto menakutkan itu dalam kumpulan penampakan Endeavour pada hari berikutnya.

Baca juga: Hari UFO Sedunia, Apa itu UFO dan Bagaimana Sains Menjelaskan?

Sebelum menduganya sebagai UFO Donat yang misterius, pendapat lain mengungkapkan terkait lokasi pendaratan kapsul Endeavour yang mulai terlihat di Bumi pada pukul 10.30 EDT malam berada di belahan dunia lain. 

Lokasi pendaratannya berada di Teluk Meksiko, berjarak sejauh 8.000 km dari Zurich.

Sehingga tidak mungkin jika kapsul tersebut terlihat di langit Swiss.

Pelacak satelit amatir sekaligus peneliti akademis di Universitas Leiden di Belanda, Marco Langbroek mengatakan, penduduk di Louisiana, Alabama, dan beberapa negara Teluk lainnya melihat dengan jelas pemandangan kapsul yang meluncur melintasi langit.

Sebaliknya, dia menyebut, hampir tidak mungkin ada orang di Swiss yang dapat melihat penampakan masuknya kembali pesawat ruang angkasa itu ke Bumi.

Baca juga: Dua UFO Terbang Cepat Melewati Helikopter Penyelamat di Perancis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com