Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2022, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Etilen glikol adalah anggota paling sederhana dari keluarga glikol senyawa organik. Glikol adalah alkohol dengan dua gugus hidroksil pada atom karbon yang berdekatan (1,2-diol).

Etilen glikol atau yang juga disebut 1,2-etanadiol merupakan cairan yang tidak berwarna, memiliki rasa manis, dan tidak berbau.

Baca juga: Bagaimana Etilen Glikol Bisa Ada dalam Kandungan Obat Sirup Anak?

Kegunaan Etilen Glikol

Etilen glikol merupakan senyawa industri yang digunakan untuk berbagai produk konsumen, contohnya sebagai antibeku, cairan rem hidrolik, beberapa bantalan tinta stempel, pulpen, pelarut, cat, plastik, dan kosmetik.

Zat ini diproduksi secara komersial dari etilen oksida, yang diperoleh dari etilen. Etilen glikol dan beberapa turunannya agak beracun, sehingga jika masuk ke dalam tubuh dalam kadar tertentu bisa memengaruhi organ tubuh dan menyebabkan kematian.

Jika etilen glikol terurai menjadi senyawa beracun dalam tubuh, maka pertama-tama akan memengaruhi sistem saraf pusat (SSP), kemudian jantung, dan akhirnya ginjal.

Jika tidak terdeteksi atau tidak diobati, konsumsi etilen glikol dapat menyebabkan toksisitas yang serius atau fatal.

Baca juga: Bagaimana Etilen Glikol Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Akut?

Propilen Glikol

Anggota senyawa lain dari glikol adalah Propilen glikol, yang juga disebut 1,2-propanediol. Propilen glikol menyerupai etilen glikol dalam sifat fisiknya.

Tapi, tidak seperti etilen glikol, propilen glikol tidak beracun dan digunakan secara luas dalam makanan, kosmetik, pelarut obat, pengawet, dan zat penahan kelembaban. Propilen glikol diproduksi dalam jumlah besar dari propilen oksida, yang diperoleh dari propilena.

Namun, senyawa kimia etilen glikol dan dietilen glikol ini dapat ditemukan sebagai cemaran pada Propilen glikol yang digunakan sebagai zat pelarut obat -- yang mana seharusnya pada ambang batas aman.

Jika dicurigai adanya kandungan senyawa kimia etilen glikol dalam obat sirup dan menyebabkan efek toksik pada tubuh, maka penting dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan metode analisis yang akurat dan sensitif, serta menghentikan peredaran obat.

Baca juga: Ketahui 3 Tahap Keracunan Etilen Glikol dan Efeknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com