Ditemukan Fosil Monster Laut yang Hidup 66 Juta Tahun Lalu, Apa Itu?

Kompas.com - 26/08/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Pada akhir periode Cretaceous sekitar 66 juta tahun yang lalu, monster laut benar-benar ada. Fosil yang ditemukan di Maroko mengungkap keberadaan monster laut tersebut, yang diketahui adalah mosasaurus alias kadal laut raksasa.

Kini peneliti berhasil menemukan fosilnya di Maroko. Spesies reptil laut baru itu diberi nama Thalassotitan atrox dan mengisi ceruk predator puncak.

Dengan rahang dan gigi besar seperti paus pembunuh, Thalassotitan memburu reptil laut lainnya seperti plesiosaurus, penyu, dan mosasaurus lainnya.

Dikutip dari Phys, Kamis (25/8/2022) mosasaurus bukanlah dinosaurus melainkan kadal laut raksasa yang panjangnya bisa mencapai 12 meter dan menguasai lautan. Mereka adalah kerabat jauh iguana modern dan biawak.

Mosasaurus tampak seperti komodo dengan sirip daripada kaki dan sirip ekor seperti hiu. Kadal laut raksasa ini menjadi lebih besar dan terspesialisasi dalam 25 juta tahun terakhir periode Kapur.

Monster laut tersebut ini pernah mengambil celah yang sebelumnya diisi oleh reptil laut seperti plesiosaurus dan ichthyosaurus.