Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Fosil Monster Laut yang Hidup 66 Juta Tahun Lalu, Apa Itu?

Kompas.com - 26/08/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Pada akhir periode Cretaceous sekitar 66 juta tahun yang lalu, monster laut benar-benar ada. Fosil yang ditemukan di Maroko mengungkap keberadaan monster laut tersebut, yang diketahui adalah mosasaurus alias kadal laut raksasa.

Kini peneliti berhasil menemukan fosilnya di Maroko. Spesies reptil laut baru itu diberi nama Thalassotitan atrox dan mengisi ceruk predator puncak.

Dengan rahang dan gigi besar seperti paus pembunuh, Thalassotitan memburu reptil laut lainnya seperti plesiosaurus, penyu, dan mosasaurus lainnya.

Dikutip dari Phys, Kamis (25/8/2022) mosasaurus bukanlah dinosaurus melainkan kadal laut raksasa yang panjangnya bisa mencapai 12 meter dan menguasai lautan. Mereka adalah kerabat jauh iguana modern dan biawak.

Mosasaurus tampak seperti komodo dengan sirip daripada kaki dan sirip ekor seperti hiu. Kadal laut raksasa ini menjadi lebih besar dan terspesialisasi dalam 25 juta tahun terakhir periode Kapur.

Monster laut tersebut ini pernah mengambil celah yang sebelumnya diisi oleh reptil laut seperti plesiosaurus dan ichthyosaurus.

Baca juga: Niat Cari Batu Mulia, Penambang Malah Temukan Monster Laut Purba

Fosil kadal laut raksasa tersebut ditemukan dan digali di Maroko, sekitar satu jam di luar Casablanca. Di tempat tersebut merupakan perairan kaya nutrisi yang menjadi sumber makanan ikan dan reptil laut lain yang merupakan mangsa monster laut tersebut.

Thalassotitan juga memiliki tengkorak besar berukuran 1,4 meter. Sementara kebanyakan mosasaurus memiliki rahang yang panjang dan gigi ramping untuk menangkap ikan.

Kadal laut raksasa ini juga memiliki moncong pendek dan lebar, serta gigi berbentuk kerucut yang besar seperti orca. Fitur tersebut membuatnya mampu merebut dan merobek mangsa besar.

Adaptasi ini juga menunjukkan Thalassotitan merupakan predator puncak di puncak rantai makanan.

Beberapa monster laut ini pun berevolusi untuk memakan mangsa kecil seperti ikan dan cumi-cumi dan yang lain menghancurkan amon dan kerang. Namun, mosasaurus yang baru ditemukan ini berevolusi untuk memangsa semua reptil laut lainnya.

Analisis fosil kadal laut raksasa ini menunjukkan bahwa gigi monster laut ini sering patah dan aus, namun makan ikan tak akan menyebabkan keausan gigi seperti ini.

Baca juga: Alasan Fosil Monster Laut Berusia 200 Juta Tahun Kejutkan Peneliti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com