Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Manfaat Makan Nasi Putih dan Efek Sampingnya

Kompas.com - 23/08/2022, 08:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nasi adalah salah satu biji-bijian yang paling sering dimakan di seluruh dunia. Mayoritas masyarakat di Asia, termasuk Indonesia menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok.

Tak lengkap rasanya bila makan nasi tanpa lauk seperti ikan, ayam, daging, maupun jenis sayur-sayuran.

Food & Wine melaporkan bahwa nasi mengandung seperlima dari total kalori yang dikonsumsi secara global.

Terlepas dari tingginya angka konsumsi nasi di dunia, jenis nasi putih cenderung dianggap memiliki reputasi buruk dibandingkan dengan nasi merah.

Baca juga: 5 Makanan Pengganti Nasi Putih yang Cocok untuk Diet

Anda mungkin pernah mendengar nasi putih digambarkan sebagai sumber karbohidrat jahat, sehingga bisa memengaruhi kesehatan.

Namun, benarkah nasi putih hanya memberikan dampak buruk pada kesehatan?

Penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, The 7 Ingredient Healthy Pregnancy Cookbook, dan Fueling Male Fertility yang juga ahli gizi, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, membeberkan sejumlah manfaat nasi putih dan efek samping nasi putih. Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat makan nasi putih

1. Menghasilkan lebih banyak energi

Dijelaskan oleh Manaker, makan nasi putih akan membuat perut kenyang dan tidak merasa lesu. Sebab, nasi putih adalah karbohidrat, yang merupakan sumber utama energi untuk tubuh.

"Ditambah lagi banyak jenis nasi putih, setidaknya di Amerika Serikat, yang diperkaya dengan vitamin B yang dapat membantu meningkatkan energi juga," ujarnya seperti dilansir dari Eat This Not That, Rabu (10/8/2022).

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients tahun 2016, semua vitamin B kecuali folat, terlibat dalam sistem produksi energi di dalam sel. Artinya, penting untuk mendapatkan setiap vitamin B dalam nasi guna membentuk energi.

2. Menguatkan tulang

Ternyata mengonsumsi nasi putih dapat memberikan kelenturan besar dalam hal kesehatan tulang, karena kandungan vitamin D di dalamnya.

"Kita semua tahu bahwa kalsium dan vitamin D adalah nutrisi penting untuk kesehatan tulang," ungkap Manaker.

Mangan yang merupakan jenis mineral penting yang dibutuhkan otak, sistem saraf, dan sistem enzim tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya juga terdapat di dalam nasi putih.

Baca juga: Berapa jumlah kalori dalam nasi goreng?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com