Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombinasi Super Daun Ruku-ruku dan Zinc Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 20/08/2022, 19:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi tanaman herbal daun ruku-ruku dan zinc akan menjadi kombinasi super untuk menjaga kekebalan adaptif di dalam tubuh.

Hal ini disampaikan oleh Amway Nutrilite Clinical Investigations Scienctist, Kristin Morris, Ph.D dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

Kristin menjelaskan, kekebalan atau imunitas adaptif (adaptive immunity system) adalah lapisan pertahanan tubuh yang bekerja sepeti pahlawan super yang fokusnya yakni pada respon system imun manusia.

Kekebalan atau imunitas adaftif adalah anggota paling cerdas dari sistem pertahanan tubuh manusia.

Baca juga: 4 Makanan yang Baik untuk Kekebalan Tubuh Anak

Kekebalan adaftif ini disebut cerdas karena ketika sistem sudah memahami cara terbaik untuk merespon suatu zat berbahaya, maka cara tersebut akan disimpan sebagai memori dan tidak bisa dilupakan.

Pasalnya, sistem ini memiiki “memori kekebalan”, yang mengenali “masalah” dan akan tahu persis apa yang harus dilakukan berikutnya ketika menghadapi “masalah” yang sama lagi, contohnya limfosit T dan limfosit B.

Alhasil, ketika ada serangan patogen jahat bisa berupa bakteri, virus, atau jamur yang serupa dengan penyerang tubuh kita sebelumnya, maka kekebalan adaftif ini akan berusaha melawan dengan metode respons terbaik yang pernah dilakukan tubuh sebelumnya.

Nah, menariknya untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas adaftif dalam tubuh kita, mengonsumsi tanaman herbal daun ruku-ruku yang dikombinasikan dengan nutrisi zinc akan sangat membantu.

Baca juga: 4 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Kristin menegaskan, kombinasi tanaman herbal daun ruku-ruku dengan zin, diketahui merupakan kombinasi super efektif untuk meningkatkan daya tahan.

Berikut fungsi dan manfaat daun ruku-ruku dan zinc untuk sistem imunitas atau kekebalan adaftif tubuh kita.

1. Daun ruku-ruku

Daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum linne) juga kerap dikenal dengan lampes, kemangi hutan, atau holy Basil. Secara tradisi, ada pula yang menyebutnya sebagai Tulsi.

Daun ruku-ruku kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan klorofil.

Kristin menjelaskan, daun ruku-ruku ini sangat efektif dalam memaksimalkan sistem pertahanan tubuh, dan merupakan tanaman herbal yang dapat bertindak sebagai adaptogen.

Ini terjadi karena daun ruku-ruku saat dikonsumsi dapat membantu respons imun beradaptasi terhadap perubahan-perubahan, mendukung ketahanan dan kebugaran tubuh, serta peremajaan sel-sel tubuh.

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Mampu Melawan Virus

Sementara, adaptogen merupakan zat yang dapat membantu tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan dari luar, kondisi pemicu stres, paparan berbahaya bagi tubuh, serta merangsang keseimbangan mental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com