Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Hewan Laut Bisa Bantu Menyuburkan Rumput Laut

Kompas.com - 01/08/2022, 11:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Peran penting serangga dalam penyerbukan tanaman berbunga sudah lama diketahui.

Tapi ternyata, serangga bukanlah satu-satunya kelompok hewan yang bisa melakukan tugas itu. Sebuah penelitian menemukan, bahwa penyerbukan alga bisa dilakukan oleh hewan laut.

Dikutip dari Phys, Jumat (29/7/2022) peneliti CNRS dari unit penelitian Biologi dan Ekologi Evolusioner Prancis-Chili di Roscoff Marine Station telah menemukan, bahwa krustasea kecil yang dikenal sebagai idotea berkontribusi pada siklus reproduksi alga merah Gracilaria gracilis.

Idotea ini bertindak sebagai 'lebah laut' untuk alga merah Gracilaria gracilis.

Baca juga: Mengenal Gajah Laut, Hewan Laut yang Punya Belalai

Temuan yang dipublikasikan di Science ini juga menyebut bahwa fertilisasi yang dilakukan oleh hewan laut jauh lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya.

Idotea berkontribusi pada pembuahan G. gracilis saat mereka berenang di tengah ganggang. Permukaan ganggang jantan dihiasi dengan struktur reproduksi yang menghasilkan spermatia yang dilapisi lendir lengket.

Lalu saat idotea lewat, spermatia menempel pada kutikulanya dan kemudian disimpan di talus alga betina mana pun yang bersentuhan dengan krustasea, sehingga membantu reproduksi G. gracilis.

Sementara itu idotea juga akan mendapatkan keuntungan dari rumput laut. Idotea akan menempel pada ganggang sebagai perlindungan dari arus kuat dan mengunyah organisme kecil yang tumbuh di rumput laut.

Ini adalah contoh interaksi mutualistik, situasi yang saling menguntungkan bagi tumbuhan dan hewan. Interaksi ini juga pertama kali diamati antara rumput laut dan hewan.

Baca juga: 4 Penyebab Hewan Laut Sering Terdampar di Pantai Menurut Ilmuwan

Temuan ini menawarkan wawasan yang mengejutkan tentang asal usul pembuahan yang dilakukan hewan terhadap tanaman laut.

Pasalnya, ganggang merah sendiri sudah muncul lebih dari 800 juta tahun yang lalu. Sehingga, pembuahan melalui perantara hewan mungkin sudah lama terjadi.

Tim peneliti sekarang bertujuan untuk fokus pada pertanyaan lain, seperti apakah idotea memicu pelepasan spermatia, apakah mereka mampu membedakan mana ganggang G.gracilis jantan dan betina?.

Lalu yang paling penting adalah apakah ada interaksi serupa di antara spesies laut lainnya. Semua pertanyaan itu masih menunggu untuk diekslplorasi lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com