Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2022, 21:12 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPrediabetes adalah kondisi dimana gula darah sudah berada di atas normal, namun belum sampai kondisi diabetes. Prediabetes bisa menjadi alarm bagi Anda untuk menjaga pola hidup agar tidak menderita diabetes. Dengan pola makan yang sehat, Anda bisa mencegah prediabetes berkembang menjadi diabetes.

Pola makan yang sering dianggap menjadi penyebab diabetes adalah pola makan tinggi gula dan karbohidrat. Padahal terdapat berbagai makanan lainnya yang tinggi indeks glikemiknya dan bisa meningkatkan gula darah. Berikut ini adalah makanan untuk penderita prediabetes.

1. Buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan serat, namun rendah kalori. Selain itu, keduanya mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan respons insulin di tubuh untuk mengontrol gula darah. Konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan adalah lima sampai sembilan porsi sehari. Cara mudahnya adalah dengan mengisi setengah piring makan Anda dengan sayur dan mengganti camilan dengan buah.

2. Karbohidrat yang rendah indeks glikemiknya

Sumber karbohidrat yang tinggi indeks glikemik antara lain nasi putih, roti putih, dan kentang. Untuk penderita prediabetes, pilih sumber karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Contohnya adalah nasi merah, oat utuh, ubi, jagung, dan pasta gandum.

3. Makanan dengan protein tinggi

Agar kebutuhan tubuh Anda tetap terpenuhi, Anda harus mengonsumsi sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, pilih sumber protein yang rendah lemak serta hindari makanan olahan. Protein yang baik untuk penderita prediabetes adalah dada ayam tanpa kulit, putih telur, biji-bijian, tahu, tempe, ikan, potongan daging tanpa lemak, dan yoghurt rendah lemak.

Namun, jika Anda memiliki penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi daging merah. Anda bisa memiliki pilihan sumber protein lainnya yang lebih aman bagi Anda.

Baca juga: Lakukan Ini jika Sudah Didiagnosis Prediabetes

4. Air putih

Air putih penting untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Pada penderita prediabetes, air putih bisa menjadi pilihan yang baik daripada mengonsumsi jus buah atau minum kemasan lainnya. Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

Selain keempat makanan tersebut, penderita juga harus mengimbangi pola hidup sehat dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, serta mengontrol stres. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan Anda akan terhindar dari diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com