Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Spesies Baru Kaki Seribu, Dinamai Taylor Swift

Kompas.com - 20/04/2022, 11:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi dan penulis lagu Taylor Swift mendapatkan penghargaan baru. Bukan karena prestasi barunya di dunia hiburan, melainkan karena namanya kini diabadikan sebagai nama spesies baru kaki seribu yang ditemukan oleh peneliti.

Kaki seribu cakar bengkok yang diberi nama Nannaria swiftae ini bergabung dengan 16 spesies baru lainnya yang ditemukan di Pegunungan Appalachian di Amerika Serikat.

Invertebrata yang kurang dikenal ini sebenarnya punya peran berharga dalam ekosistem. Kaki seribu akan memecah serasah daun dan kemudian melepaskan nutrisinya ke dalam ekosistem.

Hewan ini hidup di lantai hutan, di mana mereka memakan daun yang membusuk serta tanaman lainnya.

Baca juga: Kaki Seribu Raksasa Sebesar Mobil Hidup di Inggris 300 Juta Tahun Lalu

Pada kenyataannya, kaki seribu tak mudah ditangkap karena mereka cenderung bersembunyi di dalam tanah, meski kadang-kadang berada di permukaan.

Dikutip dari Eureka Alert, Selasa (19/4/2022) ilmuwan Derek Hennen, Jackson Means, dan Paul Marek dari Virginia Tech mendeskripsikan spesies baru temuan mereka ini dalam makalah penelitian yang dipublikasikan di jurnal akses terbuka ZooKeys.

Para ilmuwan lama menduga bahwa kaki seribu cakar bengkok memiliki spesies baru. Untuk mengetahuinya, para peneliti kemudian memulai proyek untuk mengumpulkan spesimen baru di seluruh Amerika Serikat bagian timur.

Mereka melakukan perjalanan ke 17 negara bagian AS, memeriksa di bawah serasah daun, batu, dan batang kayu untuk menemukan spesies sehingga mereka dapat mengurutkan DNA mereka dan mendeskripsikannya secara ilmiah.

Dari 1800 spesimen yang dikumpulkan dalam studi lapangan serta koleksi universitas dan museum, peneliti akhirnya menemukan ada 17 spesies baru.

Peneliti menemukan pula, bahwa kaki seribu suka tinggal di habitat hutan di dekat sungai dan sering ditemukan terkubur di bawah tanah, menunjukkan perilaku yang lebih samar daripada kerabatnya.

Baca juga: Kaki Seribu Berkerumun di Jalur Kereta Jepang Tiap 8 Tahun, Ini Alasannya

Nannaria swiftae dideskripsikan memiliki panjang antara 18 dan 38 mm, memiliki tubuh cokelat karamel mengkilap hingga hitam dengan bintik-bintik putih, merah, atau oranye, dan memiliki kaki putih.

Sementara pada jantan memiliki cakar kecil, bengkok dan rata di kaki depan mereka.

Penulis utama studi, Derek Hennen mengaku memang ada alasan khusus di balik penamaan Nannaria swiftae. Tentu saja ini lantaran ia merupakan penggemar Taylor Swift.

"Musiknya membantu saya melewati suka dan duka di sekolah pascasarjana, jadi memberi nama spesies kaki seribu baru dengan namanya adalah cara saya mengucapkan terima kasih," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com