Kompas.com - 22/12/2021, 13:01 WIB


KOMPAS.com - Sekitar 326 juta tahun lalu, kaki seribu raksasa hidup di planet ini. Kini sisa-sisa mahluk yang disebut Arthropleura tersebut telah ditemukan di sebuah pantai di utara Inggris.

Spesimen yang ditemukan di pantai Northumberland ini terdiri dari beberapa segmen eksoskeleton yang secara umum mirip dengan bentuk kaki seribu modern.

Temuan fosil itu mengungkapkan jika Arthropleura adalah hewan invertebrata terbesar yang diketahaui sepanjang masa. Bahkan lebih besar dari kalajengking laut purba yang merupakan pemegang rekor sebelumnya.

Mengutip Phys, Selasa (21/12/2021) fosil Arthropleura yang ditemukan Januari 2018 itu merupakan fosil ketiga yang pernah ditemukan tetapi sekaligus tertua dan terbesar.

Berdasarkan segmen eksoskeleton, peneliti memperkirakan kalau semasa hidupnya, Arthropleura berukuran sekitar 2,7 meter dengan berat sekitar 50 kg.

Baca juga: Kaki Seribu Berkerumun di Jalur Kereta Jepang Tiap 8 Tahun, Ini Alasannya

 

"Penemuan Arthropleura (kaki seribu raksasa) merupakan hal yang kebetulan. Saat ada blok besar batu jatuh, itu kemudian mengekspos fosil," kata Neil Davies, penulis utama studi.

Berbeda dengan cuaca saat ini yang dingin basah, Northumberland memiliki iklim yang lebih tropis di Zaman Karbon.

Invertebrata dan amfibi awal hidup dari vegetasi yang tersebar di sekitar rangkaian anak sungai dan sungai. Termasuk juga Arthropleura yang juga ditemukan di saluran sungai yang memfosil.

Fosil kemudian diektraksi pada Mei 2018 dengan izin dari Natural England dan pemilik tanah, Howick Estate. Lalu di bawa ke Cambridge agar bisa diteliti secara detail.

Hasil analisis fosil kaki seribu terbesar tersebut mengungkapkan informasi baru tentang habitat dan evolusi hewan.

Rekonstruksi sebelumnya yang menunjukkan bahwa kaki seribu sebesar mobil ini hidup di rawa-rawa kurang sesuai karena ternyata hewan lebih menyukai habitat hutan terbuka di dekat pantai.

Baca juga: Dengan Kecepatan Tinggi, Laba-Laba Unta Habisi Kaki Seribu

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.