Kompas.com - 22/12/2021, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 326 juta tahun lalu, kaki seribu raksasa hidup di planet ini. Kini sisa-sisa mahluk yang disebut Arthropleura tersebut telah ditemukan di sebuah pantai di utara Inggris.

Spesimen yang ditemukan di pantai Northumberland ini terdiri dari beberapa segmen eksoskeleton yang secara umum mirip dengan bentuk kaki seribu modern.

Temuan fosil itu mengungkapkan jika Arthropleura adalah hewan invertebrata terbesar yang diketahaui sepanjang masa. Bahkan lebih besar dari kalajengking laut purba yang merupakan pemegang rekor sebelumnya.

Mengutip Phys, Selasa (21/12/2021) fosil Arthropleura yang ditemukan Januari 2018 itu merupakan fosil ketiga yang pernah ditemukan tetapi sekaligus tertua dan terbesar.

Berdasarkan segmen eksoskeleton, peneliti memperkirakan kalau semasa hidupnya, Arthropleura berukuran sekitar 2,7 meter dengan berat sekitar 50 kg.