Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sero Survei: 86,6 Persen Populasi Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Kompas.com - 20/03/2022, 19:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 86,6 persen penduduk Indonesia di atas usia 1 tahun sudah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Hasil tersebut didapatkan dari survei serologi yang diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI).

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Jumat (18/3/2022) sero survei dilaksanakan pada November hingga Desember 2021. Artinya, 86,6 persen penduduk di Indonesia yang memiliki kekebalan terhadap Covid-19 ditemukan pada periode itu.

Baca juga: Setelah Vaksin Respons Antibodi Covid-19 Membaik Selama Berbulan-bulan, Studi Jelaskan

Dijelaskan salah satu Tim Pandemi FKM UI yang turut melakukan sero survei Prof Pandu Riono, kekebalan seseorang merupakan dasar untuk mengendalikan pandemi.

Kekebalan tersebut berasal dari upaya yang sistematik melalui vaksinasi, maupun secara alami setelah seseorang terinfeksi virus corona.

“Sejak Desember 2021 tepat pada penelitian ini berakhir, kita tahu berapa banyak penduduk berdasarkan umur, berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan wilayah, yang mempunyai tingkat imunitas terhadap SARS-CoV-2,” terang Pandu.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, bahwa hasil sero survei akan menunjukkan, berapa banyak penduduk Indonesia yang sudah memiliki antibodi terhadap virus SARS-CoV-2.

Sero survei perlu dilakukan karena ini akan dipakai oleh pemerintah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan yang berbasis bukti,” ujar Budi.

Di samping mengetahui seberapa banyak orang yang memiliki kekebalan terhadap SARS-CoV-2, sero survei dilakukan untuk mengetahui berapa besar kadar antibodi yang dimiliki penduduk.

Prof Pandu juga mengatakan, kadar antibodi sangat penting guna menghadapi pandemi Covid-19 dengan berbagai varian virus. Sederhananya, jika kadar antibodi pada tubuh seseorang cukup tinggi, maka dapat menekan risiko selama pandemi.

Adapun pelaksanaan sero survei dilakukan berdasarkan wilayah aglomerasi di 9 provinsi 47 kabupaten kota, dan wilayah non-aglomerasi yang terdiri dari 25 provinsi 53 kabupaten kota.

Baca juga: 86,6 Persen Warga Indonesia Punya Antibodi Covid-19, Kok Bisa? Ini Kemungkinannya Menurut Ahli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com