Mengenal Molnupiravir dan Favipiravir, Obat Covid-19 untuk Gejala Ringan

Kompas.com - 27/01/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman), melalui fasilitas layanan telemedisin.

Dalam daftar obat yang diberikan, pasien isoman bergejala ringan akan diberikan multivitamin, parasetamol, dan obat favipiravir atau molnupiravir.

Obat ini diberikan untuk pasien berusia 18 tahun ke atas, dengan dosis selama 10 hari.

Baca juga: 11 Telemedicine untuk Pasien Covid-19 dan Mekanismenya

Apa itu favipiravir dan molnupiravir?

Hasil penelitian menunjukkan molnupiravir mampu mengurangi gejala parah hingga kematian pada pasien yang terinfeksi corona.

Molnupiravir dikembangkan Merck dan Ridgeback Biotherapeutics untuk mengobati Covid-19 ringan hingga sedang pada orang dewasa yang berisiko terkena penyakit parah.

Pil antivirus oral ini diminum dalam beberapa hari pertama setelah terpapar Covid-19 dan mampu mengurangi risiko rawat inap dan kematian sebesar 30-50 persen.

Obat ini diberikan dalam jumlah 40 tablet, untuk diminum pasien dengan dosis 2x4 tablet per hari, selama lima hari awal terinfeksi.

Telah ditegaskan, bahwa molnupiravir hanya tersedia dengan resep dokter dan harus dikonsumsi sesegera mungkin, setelah terpapar virus dalam jangka waktu lima hari setelah muncul gejala.

Obat ini tidak diizinkan untuk pasien berusia di bawah 18 tahun, karena dapat berdampak pada pertumbuhan tulang dan tulang rawan.

Selain itu, molnupiravir tidak digunakan bagi seseorang yang belum atau sudah tertular Covid-19, dan pasien yang dirawat karena corona di rumah sakit.

Baca juga: WHO Rekomendasikan Dua Obat Baru untuk Covid-19, Apa Saja?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.