Pasien Omicron di Jabodetabek Bisa Dapat Pelayanan dan Obat Covid-19 Gratis, Ini Syaratnya

Kompas.com - 25/01/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengumumkan, telah tersedianya pelayanan telemedicine gratis bagi pasien Omicron yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Namun, layanan telemedicine atau telemedisin gratis bagi pasien isoman yang terkonfirmasi Omicron ini baru bisa diakses di wilayah Jabodetabek.

“Sasaran layanan telemedicine isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” papar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, Senin (17/1/2022).

Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Senin (24/1/2022) Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, drg Widyawati, MKM mengatakan melalui layanan telemedisin isoman, pasien yang terkonfirmasi Omicron bisa mendapatkan telekonsultasi serta paket obat gratis.

Baca juga: Kemenkes Izinkan Pasien Omicron untuk Isoman, Apa Saja Syaratnya?

Dia menambahkan, layanan tersebut dapat diakses di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Adapun untuk mendukung layanan bagi pasien isoman Covid-19 yang terkonfirmasi varian Omicron Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, di antaranya:

  1. Aido Health
  2. Alodokter
  3. GetWell
  4. Good Doctor
  5. Halodoc
  6. Homecare24
  7. KlikDokter
  8. KlinikGo
  9. Lekasehat
  10. LinkSehat
  11. Mdoc
  12. Milvik Dokter
  13. ProSehat
  14. SehatQ
  15. Trustmedis
  16. Vascular Indonesia
  17. Serta YesDok

Perlu diketahui, untuk mendapatkan layanan telemedicine gratis, pasien Omicron harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

Apabila hasilnya positif, laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 akan melaporkan data hasil pemeriksaan ke database NAR milik Kemenkes. Sehingga, pasien akan menerima pesan melalui aplikasi WhatsApp dari kontak resmi Kemenkes bercentang hijau secara otomatis.

Akan tetapi, jika Anda tidak mendapatkan WhatsApp pemberitahuan, maka bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Kemudian, pasien isoman bisa melakukan konsultasi online dengan dokter di salah satu layanan telemedicine.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.