Kompas.com - 14/01/2022, 19:15 WIB
Ilustrasi masyarakat yang cerdas dalam menggunakan dunia digital. Dok. iStock/hxyumeIlustrasi masyarakat yang cerdas dalam menggunakan dunia digital.

KOMPAS.com - Hampir setiap kabar kehidupan pribadi artis-artis di Indonesia, akan ramai diperbincangkan masyarakat.

Masalah pribadi orang lain yang menimbulkan kontroversi, tak jarang sangat cepat mencuat, menjadi bahan omongan di tengah masyarakat, bahkan menjadi trending.

Sebenarnya, kenapa masyarakat Indonesia senang menonton kontroversi kehidupan pribadi orang lain?

Psikolog Klinis Kurniasih Ayu Archentari, M.Psi menjelaskan, pada dasarnya minat masyarakat Indonesia terhadap kontroversi dari kehidupan pribadi orang lain tidak lepas dari sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial.

Baca juga: Leslar Disebut Lakukan Pembohongan Publik, Psikolog: Definisi Bohong Harus Diklarifikasi Ulang

“Biasanya karena akarnya dari manusia makhluk sosial, jadi memang butuh interaksi dengan orang dan sebagainya,” ujar Ayu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

“Sehingga berita-berita kontroversi adalah berita-berita yang bisa jadi topik yang menciptakan interaksi lebih familiar dengan orang lain, karena hampir semua orang tahu (akan hal tersebut),” lanjut dia.

Selain itu, kontroversi menarik perhatian masyarakat dikarenakan negara Indonesia masih lekat dengan adat istiadat dan norma sosial.

“Sehingga topik-topik kontroversial juga membuat kita bisa seakan-akan membicarakan mereka dengan penilaian-penilaian pribadi kita, karena sudah jelas melanggar norma,” tutur Ayu.

Baca juga: Studi: Pasangan Menikah Tanpa Anak Rasakan Sisi Positif dan Negatif Bersamaan

Mengurangi perhatian terhadap kontroversi

Terdapat cara agar perhatian masyarakat berkurang atas peristiwa kontroversi orang lain, salah satunya dengan mengurangi paparan informasi dari hal tersebut.

Selain itu, pemberitaan yang tidak ada urgensinya bagi publik juga dapat dibatasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.