Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Booster AstraZeneca Ini Diklaim Tingkatkan Antibodi Penetral terhadap Omicron

Kompas.com - 30/12/2021, 09:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi Universitas Oxford mendukung penggunaan AZD1222, vaksin Covid-19 AstraZeneca sebagai vaksin booster dosis ketiga untuk melawan varian Omicron. Diklaim dapat meningkatan antibodi penetral terhadap varian baru SARS-CoV-2, B.1.1.529 ini.

Profesor Regius Ilmu Kedokteran di Universitas Oxford, Profesor Sir John Bell mengatakan, menurut data laboratorium baru, vaksin AZD1222 (ChAdOx1-S [Rekombinan]) AstraZeneca secara signifikan meningkatkan antibodi terhadap varian Omicron setelah booster dosis ketiga.

"Sangat menggembirakan melihat bahwa AZD1222 memiliki potensi perlindungan terhadap Omicron setelah booster dosis ketiga. Hasil ini mendukung penggunaan booster dosis ketiga sebagai bagian dari strategi vaksinasi nasional, terutama untuk membatasi penyebaran varian yang menyebabkan kekhawatiran, termasuk Omicron," kata Sir John.

Studi dari Oxford ini menganalisis sampel darah yang diambil dari individu yang telah terinfeksi Covid-19.

Mereka telah divaksinasi dengan jadwal dua dosis dan booster dosis ketiga, dan mereka yang telah melaporkan infeksi sebelumnya dari varian Covid-19 lainnya yang menjadi perhatian. 

Penelitian ini melibatkan sampel dari 41 orang yang telah menerima tiga dosis AZD1222.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Booster 85 Persen Efektif Cegah Sakit Parah akibat Omicron

Studi booster vaksin AstraZeneca ini terhadap varian Omicron ini dilakukan secara independen oleh para peneliti di Universitas Oxford dan temuan-temuan tersebut telah diunggah online di bioRxiv pre print server.

Berdasarkan hasil studi dari sampel yang diambil tersebut, titer netralisasi untuk Omicron meningkat setelah booster dosis ketiga dengan AZD1222 dibandingkan titer setelah dosis kedua.

Tingkat yang terlihat setelah booster dosis ketiga lebih tinggi daripada antibodi penetral yang ditemukan pada individu yang sebelumnya telah terinfeksi dan pulih secara alami dari Covid-19 (varian Alfa, Beta, Delta, dan galur asli). 

Sera atau serum yang diperoleh dari individu setelah satu bulan menerima vaksinasi booster dosis ketiga menetralkan varian Omicron ke tingkat yang secara umum serupa dengan yang diamati satu bulan setelah dosis kedua terhadap varian Delta.

Sementara, dua dosis vaksin AZD1222 telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap varian Delta di dalam studi dunia nyata. Data studi laboratorium lain juga mendukung efek vaksin booster AstraZeneca ini terhadap varian Omicron.

Baca juga: Vaksin Booster Moderna Diklaim Ampuh Lawan Varian Omicron

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com