Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Hewan karnivora atau pemakan daging biasanya memangsa hewan-hewan lain dari spesies yang berbeda.

Namun, ada juga hewan kanibal yang memangsa hewan lain dari spesiesnya sendiri. Uniknya, kanibalisme hewan ini memiliki alasan yang berbeda-beda, seperti kanibalisme laba-laba yang dilakukan setelah kopulasi.

Hewan kanibal

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, berikut adalah daftar hewan kanibal yang memakan spesiesnya sendiri:

1. Laba-laba

Laba-laba jantan melakukan pengorbanan segera setelah kawin dengan merelakan dirinya disantap oleh laba-laba betina.

Laba-laba jantan diduga tidak mempunyai kesempatan melarikan diri karena betina memiliki ukuran yang 90 persen lebih besar dari jantan.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Tertawa?

Sebuah penelitian dalam Current Biology mengatakan, laba-laba betina yang memakan pasangannya setelah kawin 20 persen lebih besar dan bertahan hidup lebih lama.

2. Udang air tawar

Bukan hal yang aneh bagi udang air tawar untuk memakan anak mereka dan akan menjadi berlebihan ketika terinfeksi oleh parasit Pleistophora mulleri.

Pada gilirannta, parasit tersebut membuat udang lebih lapar, namun yang dimakannya justru anak-anak udang dalam jumlah yang lebih banyak.

3. Hiu macan

Saat embrio pertama hiu macan mencapai ukuran tertentu, ia akan memulai memakan saudara-saudaranya dan sisa telur yang tidak dibuahi.

Sebuah studi tahun 2013 mengatakan, aksi kanibalisme yang dilakukan hiu macan dapat membantu menghasilkan keturunan terkuat.

Baca juga: Fakta-fakta Macan Tutul Salju, Hewan Liar di Pegunungan Asia

4. Katak biru panah beracun

Katak biru panah beracun merupakan salah satu induk hewan yang aneh. Mereka meninggalkan kecebong yang baru di kolam yang diisi oleh anggota spesies yang lebih tua dan kelaparan.

Kecebong baru tersebut akan diserang oleh kecebong-kecebong yang besar dan ada yang dimakan seluruhnya.

5. Kera besar

Ahli primata terkemuka asal Inggris, Jane Goodall, pada tahun 1977, telah mencatat bahwa simpanse dapat memakan simpanse lain.

Sejak itu, ada banyak contoh kanibalisme yang terdokumentasi di antara kera besar dengan alasan kelangsungan hidup dan bahkan mungkin pemberontakan.

Baca juga: Mengenal Siput Daun, Hewan Laut yang Bisa Berfotosintesis

6. Tyrannosaurus rex

Studi tentang tulang tyrannosaurus rex (t-rex) berusia 66 juta tahun yang ditemukan di Wyoming menemukan ukuran dan gerigi bekas gigi yang menunjukkan daging dirobek dari tulang dengan cara seperti manusia menyantap ayam.

Cara makan tersebut diketahui hanya mampu dilakukan oleh theropoda dan satu-satunya theropoda yang diketahui pada waktu dan tempat tersebut hanyalah t-rex.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com