Kompas.com - 04/12/2021, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Hewan karnivora atau pemakan daging biasanya memangsa hewan-hewan lain dari spesies yang berbeda.

Namun, ada juga hewan kanibal yang memangsa hewan lain dari spesiesnya sendiri. Uniknya, kanibalisme hewan ini memiliki alasan yang berbeda-beda, seperti kanibalisme laba-laba yang dilakukan setelah kopulasi.

Hewan kanibal

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, berikut adalah daftar hewan kanibal yang memakan spesiesnya sendiri:

1. Laba-laba

Laba-laba jantan melakukan pengorbanan segera setelah kawin dengan merelakan dirinya disantap oleh laba-laba betina.

Laba-laba jantan diduga tidak mempunyai kesempatan melarikan diri karena betina memiliki ukuran yang 90 persen lebih besar dari jantan.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Tertawa?

Sebuah penelitian dalam Current Biology mengatakan, laba-laba betina yang memakan pasangannya setelah kawin 20 persen lebih besar dan bertahan hidup lebih lama.

2. Udang air tawar

Bukan hal yang aneh bagi udang air tawar untuk memakan anak mereka dan akan menjadi berlebihan ketika terinfeksi oleh parasit Pleistophora mulleri.

Pada gilirannta, parasit tersebut membuat udang lebih lapar, namun yang dimakannya justru anak-anak udang dalam jumlah yang lebih banyak.

3. Hiu macan

Saat embrio pertama hiu macan mencapai ukuran tertentu, ia akan memulai memakan saudara-saudaranya dan sisa telur yang tidak dibuahi.

Sebuah studi tahun 2013 mengatakan, aksi kanibalisme yang dilakukan hiu macan dapat membantu menghasilkan keturunan terkuat.