Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan dengan Masa Kehamilan Paling Lama, Nomor 1 Hingga 3,5 Tahun

Kompas.com - 28/11/2021, 19:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Masa ibu mengandung adalah 9 bulan. Ternyata banyak hewan yang mengandung anaknya lebih lama dari manusia, bahkan lebih dari setahun. Ini adalah daftar hewan dengan masa kehamilan paling lama di dunia.

1. Hiu

Terdapat tiga jenis hiu yang memiliki masa kehamilan sangat lama. Pertama adalah dogfish shark yang hamil selama 2 tahun. Kedua adalah basking shark yang masa kehamilannya selama 3 tahun.

Ketiga yang paling lama adalah frilled shark yang masa kehamilannya mencapai 3,5 tahun. Bayi hiu ini berkembang sangat lambat. Bayi hiu ini hanya berkembang 1,4 sentimeter setiap bulannya.

2. Black alpine salamander

Black alpine salamander adalah hewan amfibi yang hidup di Pegunungan Alpen bagian tengah dan timur. Hewan ini akan melahirkan setelah hamil selama 2 tahun.

3. Gajah

Gajah adalah hewan dengan masa kehamilan selama 23 bulan. Kehamilan gajah yang sangat lama bukan hanya karena untuk mencapai berat bayi yang sangat besar, yaitu 104 kilogram. Namun juga untuk membangun kecerdasan gajah, karena gajah adalah salah satu hewan yang paling cerdas.

Baca juga: 5 Hewan yang Memiliki Suara Terkeras di Bumi

4. Paus

Paus sebenarnya memiliki masa kehamilan yang berbeda-beda. Namun, paus orca atau paus pembunuh dan paus sperma memiliki masa kehamilan paling panjang. Paus orca hamil selama 17 bulan, sedangkan paus sperma hamil selama 19 bulan.

5. Walrus

Hewan dengan kehamilan yang lama kelima adalah walrus. Walrus hamil selama 15 sampai 16 bulan. Sedangkan hewan sejenisnya, yaitu anjing laut dan singa laut memiliki masa kehamilan yang lebih singkat, yaitu 7 bulan saja.

6. Badak

Tidak hanya sulit bereproduksi, masa kehamilan badak juga sangat lama. Masa kehamilan badak adalah 15 sampai 18 bulan. Sulitnya badan bereproduksi membuat populasi badak terus menurun. Sebanyak tiga dari lima spesies badak saat ini hampir punah.

7. Keledai

Keledai umumnya mengalami kehamilan selama 1 tahun. Namun beberapa kehamilan bisa bertahan hingga 14 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com