Kompas.com - 20/11/2021, 16:02 WIB


KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal pisang. Buah yang umumnya berkulit kuning ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan khasiat pisang untuk bisa dijelaskan oleh sains.

Meski pisang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Asia Tenggara, namun ternyata pisang juga tumbuh di berbagai tempat beriklim hangat, sehingga membuatnya selalu tersedia sepanjang tahun untuk masyarakat dunia.

Jenis pisang yang paling umum di pasaran yakni dari varietas Cavendish. Meski saat belum masak buah pisang ini berwarna hijau dan keras, namun saat telah matang, pisang ini akan berwarna kuning, rasanya sangat manis dan lembut.

Pisang kaya nutrisi penting dan bermanfaat untuk kesehatan, bahkan dapat menjadi kudapan untuk menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung serta ginjal.

Berikut ini ada 11 manfaat pisang bagi kesehatan dan khasiat pisang menurut sains, dikutip dari Healthline, Sabtu (20/11/2021).

1. Khasiat nutrisi pada pisang

Buah pisang mengandung banyak serat dan beberapa senyawa antioksidan. Dalam satu buah pisang berukuran biasa sekitar 126 gram, mengandung nutrisi-nutrisi ini.

  • Kalori: 112
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 12 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Riboflavin: 7 persen dari DV
  • Folat: 6 persen dari DV
  • Niasin: 5 persen dari DV
  • Tembaga: 11 persen dari DV
  • Kalium: 10 persen dari DV
  • Magnesium: 8 persen dari DV

Baca juga: 5 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah

2. Manfaat pisang pada kadar gula darah

Pisang kaya akan serat larut, sehingga saat di dalam pencernaan, serat tersebut akan larut dalam cairan tubuh untuk membentuk gel.

Sedangkan pada pisang mentah mengandung pati resisten, yang tidak dicerna dalam tubuh. Kedua jenis serat tersebut nantinya akan memoderasi kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, khasiat serat-serat pisang tersebut akan dapat membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Artinya, meski kandungan karbohidrat lebih tinggi, pisang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah pada orang sehat.

Kendati demikian, bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk menyantap pisang dalam porsi besar sekaligus.

3. Manfaat pisang untuk pencernaan

Manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan baik untuk usus. Khasiat pisang yang memiliki kandungan pati resisten adalah prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus atau saluran pencernaan.

Baca juga: 7 Manfaat Pisang, Baik untuk Diet hingga Penyakit Diabetes

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.