Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai 5 Tanda Gejala Peringatan Serangan Jantung Sebelum Terlambat

Kompas.com - 20/11/2021, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapatkan aliran darah, tanpa darah, jaringan kehilangan oksigen dan mati. Oleh sebab, penting untuk mengenali tanda atau peringatan gejala serangan jantung.

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang mensuplai makanan ke otot jantung yang dikenal dengan nama pembuluh darah koroner, sehingga, serangan jantung biasanya juga disebut dengan sindrom koroner akut. 

Adapun, sumbatan yang bisa menganggu kinerja jantung ini bisa bermacam-macam, seperti plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol), bekuan darah dan lain sebagainya.

Kebanyakan serangan jantung terjadi pada orang yang memiliki penyakit jantung koroner yang antara lain disebabkan oleh aterosklerosis.

Untuk diketahui, arterosklerosis adalah kondisi serius ketika arteri atau pembuluh darah di sekitar jantung mengeras dan menyempit akibat tumpukan plak yang terdiri atas beragam zat, terutama kolesterol tadi.

Baca juga: 3 Nyeri Dada yang Bukan Gejala Serangan Jantung

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospitals Lippo Village, DR dr Antonia Anna Lukito SpJP(K), FIHA, FAPSIC, FAsCC, FSCAI mengatakan, meskipun mematikan tetapi pasien serangan jantung masih dapat terselamatkan kalau cepat di bawa ke rumah sakit, saat memiliki beberapa tanda gejala peringatan serangan jantung.

Berikut beberapa peringatan atau tanda gejala serangan jantung yang harus Anda waspadai sebelum terlambat.

1. Pusing bisa jadi tanda serangan jantung

Gejala peringatan dari serangan jantung yang pertama harus diwaspadai adalah pusing yang berlebihan.

Antonia menjelaskan, umumnya pusing yang dialami ini seperti rasa kliyengan, tidak stabil, dan rasa mau pingsan tetapi ditahan sehingga tidak jadi pingsan.

Jika kejadian atau tanda gejala peringatan serangan jantung ini terjadi terus berulang-ulang, Antonia menegaskan agar Anda yang mengalaminya segera mendeteksi potensi kemungkinan penyakit jantung.

Baca juga: Kenali Tanda Serangan Jantung, Sakit Dada Kiri hingga Sesak Napas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com